Dalam Waktu Dekat Ini

2.833 UMKM Riau yang Bakal Terima Bansos BPUM

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Sebanyak 2.833 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Riau, akan mendapat Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Pemprov Riau.

Kepala Disperindagkop UMKM Riau Asrizal mengungkapkan bantuan BPUM itu akan segera disalurkan dalam waktu dekat.

Masing – masing dari 2.833 UMKM tersebut akan mendapat dana BPUM sebesar Rp1,2 juta. “Jadi, mereka yang dapat bantuan ini adalah UMKM yang tak dapat bantuan serupa dari APBN,” tuturnya, Jumat, 20 Agustus 2021.

Loading...

BPUM untuk UMKM dikucurkan pemerintah melalui 2 sumber platform anggaran, yakni dari APBN dan APBD. Untuk BPUM dari APBN langsung disalurkan oleh Kementerian Koperasi. Sedangkan bantuan modal dari APBD disalurkan oleh Pemprov Riau.

"Kita lakukan pendataan dan seleksi data, artinya tidak boleh menerima dua sumber,” kata Asrizal.

Dijelaskan, dengan demikian, setiap pelaku usaha yang sudah mendapat bantuan serupa dari pusat, maka tidak dimasukkan sebagai penerima manfaat BPUM dari daerah. Pola dini bertujuan pemerataan manfaat dengan hadirnya bantuan tersebut.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan seleksi data untuk memastikan tidak ada pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan ganda (dari APBD dan APBN). “BPUM untuk pelaku UMKM ini akan disalurkan akhir bulan ini juga,” tuturnya. 

Untuk penyaluran bantuan, akan dilakukan secara transfer ke rekening individu. Setiap penerima manfaat harus memiliki rekening Bank Riau Kepri. 

 

Bertuahpos.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...