Pasokan Tersendat, Cabai Merah di Jambi Langka

Produksi cabai merah di wilayah Jambi kini tengah mengalami kelangkaan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah konsumsi masyarakat pada perayaan hari raya idul fitri serta mulai tersendatnya pasokan bahan baku cabai merah dari pulau Jawa.

"Jumlah konsumsi cabai oleh masyarakat Jambi pada hari raya tahun ini memang lebih meningkat. Lalu suplai cabai merah di daerah Magelang juga sedikit tersendat. Hal itu yang menyebabkan cabai merah mulai mengalami sedikit kelangkaan di pasaran," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah, kepada wartawan, Rabu (19/6/2019).

Selain itu, Ariansyah juga menerangkan bahwa, untuk kebutuhan cabai merah di Provinsi Jambi itu sebanyak 30 ton, akan tetapi jumlah dari suplai cabe merah dari luar itu di angka 10 sampai 12 ton. 
 

Baca juga: Jawa Timur Panen Cabai, di Blitar Capai 250 Ton Per Hari

Loading...


"Untuk lokal sendiri sebenarnya kita ada budidaya cabai, itu di wilayah Kerinci dengan di Jangkat, Merangin. Tetapi, itu hanya memenuhi 30 persen saja dari kebutuhan lokal. Makanya kita suplai dari Magelang, namun kondisi cabai merah di sana lagi tidak panen, kalaupun panen hanya sebagian saja," beber Ariansyah.

Sejauh ini Pemprov telah berupaya untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan ini, salah satu cara yang dilakukan ialah berupaya untuk mengadakan alat penyimpanan produk pertanian (Atmosfir Cold Storage), buat alat penyimpanan produk bahan pokok yang tahan dalam waktu lama.

"Jadi nantinya ada panen raya cabai merah dengan harga di bawah head, dibawah harga Rp 20 dan Rp 25 ribu ke bawah kita beli. Dan apabila waktu kejadian terulang harga mahal karena keterlangkaan, baru kita gelontorkan," ujarnya.

Sementara harga cabai merah di pasaran modern Angso Duo Jambi kini juga tengah mengalami kenaikan mencapai Rp 50.000/kilonya dari harga sebelumnya Rp 25.000/kg. Selain naiknya harga cabai merah, harga bawang merah juga mengalami kenaikan di pasaran mencapai Rp 28.000/kg.

Suara.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...