Komisi II Pinta Pemda Proaktif Cari Dana Untuk Ini

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau meminta pemerintah daerah untuk proaktif dalam mencari dana untuk pembangunan beberapa los pedagang di Pasar Terapung kota Tembilahan yang sudah runtuh ke sungai.

Permintaan itu disampaikan oleh Muslim baru-baru ini, menurutnya, kondisi los pedagang yang seperti itu tentunya akan berpengaruh terhadap minat beli para konsumen yang biasa berbelanja untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

"Pasar itu tidak mungkin di renovasi lagi, harus dibangun ulang, sedikitnya dana yang diperlukan Rp90 miliar, kalau Pemkab tak ada dana, harus proaktif dong cari dana dari Pemprov atau Pemerintah Pusat," sebut Politisi Partai Demokrat itu.

Loading...

Muslim menegaskan, Pemkab Inhil harus segera mengambil langkah sebelum ada korban akibat tidak layaknya tempat atau los pedagang yang dinilai sangat memprihatinkan tersebut.

"Ini masalah keselamatan pedagang dan pembeli, pikirkan lah caranya gimana, jika belum ada dana, ya relokasi dulu pedagangnya, jangan dibiarkan tetap jualan di tempat yang nyaris runtuh ke sungai itu," tegasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwasanya di 2018, sudah ada dana Rp4 miliar dari DAK, dimana dana itu, Komisi II merekomendasikan untuk dana merelokasi pedagang.

"Ada Rp4 miliar dari DAK, kita inginnya itu untuk biaya pembuatan Tempat Penampungan Sementara (TPS) untuk para pedagang, sementara pasarnya dibangun ulang. Yang jelas untuk 2018, kita akan berusaha menganggarkan untuk pembangunan pasar itu kembali," katanya baru-baru ini. (ADV)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...