TTG, Pemkab Inhil Berharap Sagu Berikan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

REDAKSIRIAU.CO, MATARAM NTB - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau M Wardan yang di dampingi Asisten I Setda Inhil Drs Afrizal, Ketua dan Pengurus TP PKK Zulaikhah Wardan dan Kepala BPMPD Inhil mengikuti pembukaan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional Ke-XVIII yang di pusatkan di jalan Udayana Islamic Centre Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (23/11/2016).

Gelar TTG Ke-XVIII Nasional yang Ke-XVIII tahun 2016 dibuka langsung oleh Menteri Desa PDTT RI Eko Putro Sanjoyo yang ditandai dengan pemukulan gendang diikuti oleh Gubernur NTB. Gelar TTG Nasional Ke-XVIII turut di hadiri Gubernur, Walikota, Bupati se-Indoneisa. Adapun tema Gelar Gelar TTG Nasional Ke-XVIII yang di laksanakan selama 5 hari ini adalah pengelollan sumber daya alam dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kesejahteraan dan kedaulatan dengan diikuti sebanyak 3.000 orang.

Loading...

Sementara itu Ketua TP PKK Inhil, Zulaikah Wardan yang turut mendampingi Bupati M Wardan saat dimintai keterangan mengatakan, sejalan dengan sambutan bapak menteri pembangunan desa tertinggal diharapkan seluruh desa yang ada di Indonesia mempunyai produk atau pendapatan hasil daerah itu sendiri harus fokus dan harus ada unggulan, satu unggulan bisa mengangkat kemajuan desa itu sendiri.

"Seperti misalnya didaerah kita mungkin ada desa penghasil sagu, diharapkan sagu itu bisa diolah maksimal dan bisa memberikan peningkatan ekonomi masyarakat di desa itu sendiri. Apalagi yang menggunakan TTG yang tekhnologi ini dihasilkan oleh pitra putri Indonesia," katanya.

Memang dari Riau khususnya, katanya lagi, Kabupaten Inhil belum mendapat penghargaan TTG. Tetapi degan adanya TTG ini, Kabupaten Inhil bisa belajar ke daerah lain yang sudah maju dan menggunakan TTG dengan baik sehingga dapat mengolah program daerah itu sendiri, daerah unggulan sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat di daerah itu.

Sementara itu, M Wardan menyampaikan bahwa dengan adanya hal tersebut diharapkan dapat memberdayakan memaksimalkan pemanfaatan BUMDES sehingga dapat dijadikan permodalan sebagaimana di contohkan.

"Oleh bapak menteri di daerah jawa sudah banyak yang berhasil. Mungkin untuk Kabupaten Inhil bisa belajar ke daerah tersebut. Dengan adanya TTG ini saya rasa manfaatnya sangat banyak sekali, bagaimana kita bisa membuat TTG ini untuk mengolah hasil-hasil yang ada di daerah kita," sebutnya. (Adv)

     

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...