Penggunaan Sianida Marak Dikalangan Nelayan, Ini Kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, SIAK - Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Susilowati sangat menyayangkan maraknya penggunaan sianida dikalangan nelayan dan masyarakat terutama daerah pesisir.

  

Menurutnya, penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya tersebut dalam menangkap ikan sangat berdampak negatif terhadap lingkungan khususnya perairan.

  

"Penggunaan racun sejenis potas dan decis itu tidak diperbolehkan, sebabkan dapat merusak perairan, dan kita juga sudah himbau sebelumnya, untuk tidak memakai bahan kimia dalam penangkapan," ujarnya, Senin (26/9/2016)

  

Loading...
Lanjut, Susilowati mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat akan terus dilakukan, dan selama ini dirinya mengaku telah melakukan sosialisasi.

  

"Kita selalu ada sosialisasi loh mbak, ya namanya juga maling kadang kan gak ada yang mau ngaku. Untuk potas sendiri juga sudah tidak boleh diperjual belikan, nanti kita akan lakukan sosialisasi lagi," sebutnya.

  

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, 'racun jessica' ini banyak digunakan masyarakat khususnya daerah pesisir yang masih banyak terdapat rawa-rawa.

  

Masyarakat disana menggunakan 'racun jessica' sebagai penangkap ikan, atau rama-rama sejenis udang. Jika sebelumnya menggunakan potasium, kini masyarakat beralih ke decis, sebab untuk potasium sendiri telah dilarang diperjualbelikan.

  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...