Tingkat Kunjungan di Posko Rumah Singgah Dampak Asap Disperin Provinsi Riau Meningkat Signifikan

REDAKSIRIAU. CO.ID PEKANBARU - Asap yang melanda Kota Pekanbaru dalam beberapa hari ini telah memberikan dampak bagi kesehatan masyarakat.

"Hal ini terlihat dari kunjungan masyarakat ke Posko dan Rumah Singgah Terdampak Asap Dinas Perindustrian Provinsi Riau," kata Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau Asrizal, Minggu, 22 September 2019.

Dia menambahkan sejak 4 hari lalu dibuka sudah dikunjungi 72 orang, namun dalam 2 hari telah dikunjungi 84 orang, sehingga total sudah mencapai 156 orang sampai dengan pukul 21.00 WIB tadi malam.

Loading...

"Bahkan sudah selama 2 hari Posko dan Rumah Singgah juga menampung masyarakat menghindari Asap dirumah dan lingkungannya, yaitu ada 3 keluarga, yaitu 2 ibu hamil (suami isteri) dan 3 orang anak yang sesak nafas beserta 2 orang tuanya," ujarnya.

Dijelaskannya, menyadari akan meningkatkan kunjungan tersebut Posko dan Rumah Singgah Terdampak Asap Dinas Perindustrian Provinsi Riau, melakukan koordinasi intensif dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau utk ketersediaan tabung oksigen, dan obat-obatan serta makanan untuk bayi.

Demikian juga dengan tenaga medis (Dokter, Bidang dan Perawat) dikoordinasikan dengan rumah sakit pendukung seperti RS. PMC, RSIA Zainab dan RS. Lancang Kuning utk dapat hadir sesuai dengan jadwal waktu yang disepakati. Tenaga medis dilakukan secara aplusan pukul 08.00 s/d 15.00 Wib dan Pukul 15.00 s/d 21.00 Wib.

Untuk mendukung operasional Posko dan Rumah Singgah Terdampak Asap Dinas Perindustrian Provinsi Riau, juga menugaskan 6 (enam) orang pegawai setiap hari secara aplusan pukul 07.00 s/d 16.00 Wib, 16.00 s/d 22.00 Wib dan 22.00 s/d 07.00 WIB. 

Para pegawai berfungsi utk memastikan kesiapan beroperasi Posko dan Rumah Singgah, yaitu kesiapan tempat, obat-obatan, tenaga medis dan kebutuhan mendesak serta tindakan emergency bila terjadi sesuatu yang perlu ditangani segera, seperti kondisi anak dalam kandungan yang kurang respon setelah ibunya diberikan tindakan.

"Kita semua mengharap dan mendoakan bencana asap segera berakhir, semoga Tuhan menurunkan hujan di Bumi Lancang Kuning ini, Aamiin," sebut Asrizal.

Betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...