Perbankan Masih Selektif Beri Pendanaan Bentuk.....

REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah memperkirakan perbankan masih akan selektif memberikan pendanaan dalam bentuk kredit ke debitur. Pasalnya, trend angka kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) bank di Indonesia mengalami peningkatan belakangan ini.

  

  

"Nett NPL sebesar 2,4% sampai 2,5%, sedangkan gross NPL berada di angka 3,1%. Memang ada tren meningkat berapa tahun terkahir," ujar Halim di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

  

  

Menurutnya, berdasarkan pantaun Bank Indonesia (BI) dan LPS bank masih akan cukup hati-hati dalam menyalurkan kredit seperti sektor pertambangan dan komodistas primer. Pasalnya, dua sektor ini tengah mengalami guncangan di pasar dunia karena anjloknya harga dan menjadi sebab utama NPL perbankan meningkat.

  

Loading...

  

Meski demikian, ke depan dengan adanya pelonggaran kebijakan moneter dan makroprudensial BI diharapkan dapat meningkatkan kredit yang diikuti penurunan NPL. "Ada optimisme terkait suku bunga, penurunan LTV untuk sektor properti dan konsumer kredit bisa memicu pertumbuhan kredit perbankan," tutup dia.

  

  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...