Sempat Tertunda, Polri Kembali Lanjutkan Penyidikan Dugaan Korupsi Kepala Daerah

Int
REDAKSIRIAU.CO - Meski sempat tertunda karena hajatan pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015 lalu, kini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali melanjutkan penyidikan perkara dugaan korupsi yang melibatkan sejumlah mantan kepala daerah.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memastikan kasus-kasus tersebut akan kembali diproses. Menurut dia jika ada calon kepala daerah yang bermasalah itu terpilih kembali pada pilkada serentak lalu, kemudian dilantik maka bukan kewenangan Polri.

Loading...

“Proses hukum tetap berjalan, mau dilantik atau tidak, bukan urusan kami,” kata Kapolri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/2016) malam.

Sekedar informasi, Bareskrim Polri mengusut sejumlah perkara dugaan korupsi yang melibatkan kepala daerah. Antara lain korupsi izin pertambangan di Kotabaru dengan tersangka Bupati Kota Baru Irhami Ridjani, korupsi dana hibah anggaran bantuan sosial Rp29 miliar tersangka Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, Bupati Maros Hatta Rahman tersangka dugaan korupsi pengadaan lampu jalan di Kabupaten Maros.

Selan itu Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah juga tersangka dalam perkara dugaan perkara tindak pidana korupsi pembayaran honor Tim Pembina Rumah Sakit Umum M. Yunus.

Seperti diketahui, sebelum pelaksanaan pilkada serentak Desember 2015, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan ke Polri dan Kejaksaan Agung agar menunda penanganan perkara dugaan korupsi calon kepala daerah yang akan bertarung di pilkada serentak.

Sumber: aktual.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...