Dinkes Inhil Himbau dan Jelaskan Cara Menjegah Penyakit DBD

Plt Dinkes Inhil, dr Saut Pakpahan
REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai penyakit Demam Berdarah (DBD) di musim penghujan ini.

Himbauan ini disampaikan oleh Pelaksanan Tugas (PLT) Dinkes Kabupaten Inhil dr Saut Pakpahan, kepada redaksiriau.co, Senin (7/12/2015) diruang kerjanya. Dikatakannya, untuk tindakan preventif yang paling efektif dan efisien untuk mencegah penyakit demam berdarah ini yaitu dengan cara pemberantasan sarang nyamuk melalui teknik 3M Plus.

"3 M itu adalah menguras, menutup, dan mendaur ulang bahan-bahan yang berpotensi menjadi sarang nyamuk," jelasnya.

Loading...
Yang dimaksud dengan Plus, lanjutnya lagi, adalah segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

"Jika seandainya merasa terkena? gejala-gejala penyakit maka segera rujuk ke Puskesmas setempat atau RSUD terdekat." tandasnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...