Bimtek Pengelolaan Aset dan Manajemen Pemerintahan, Resmi Dibuka Bupati Rohil

REDAKSIRIAU.CO ROHIL - Guna menambah ilmu dalam mengelola aset desa, pihak Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), menggelar Bimbingan Tekhnik (Bimtek) kepada seluruh kepala urusan (Kaur) yang ada di Rohil, dan manajemen aparatur pemerintahan.

Acara yang digelar Rabu 12/8 kemarin di gedung serbaguna Bagan Siapiapi dan diikuti oleh 356 kaur umum dan pemerintahan dari berbagai desa dan kelurahan itu, secara resmi dibuka oleh Bupati Rohil, H Suyatno Amp. Dan pihak pemdes menghadirkan narasumber dari perguruan tinggi ilmu pemerintahan yakni Institusi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Dalam acara tersebut, Bupati berharap aset di desa desa dan kelurahan, bisa didata dan akan diketahui berapa jumlah aset dimiliki seluruh oleh desa/kelurahan. “Dengan adanya bimtek ini, sekiranya dapat membantu para kaur umum dan pemerintahan untuk mengetahui kinerjanya atai tugas pokok dan fungsinya sebagai kaur itu, benar benar dijalankan sesuai amanah. Aset desa dan kelurahan dapat terjaga. Dan yang pastinya, kita bisa mengetahui berapa banyak aset desa yang ada,” jelas Bupati.

Loading...

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemdes, Jasrianto dalam laporannya mengatakan, pengelolaan aset-aset kepenghuluan dimulai dari perencanaan, pengadaan, pembinaan, pemamfaatan, pengamanan, pemeliharaan, termasuk penatausahaan, pemindahtanganan, penilaian, proses dan pengendalian.

“Pengelolaan aset dan manajemen aparatur, sangat baik menurut saya. Karena, hal itu akan meningkatkan kinerja aparatur desa, administrasi, untuk kepentingan masyarakat, seperti pelayanan administrrasi kependudukan, ketentraman, kesehatan dan sebagainya,” kata Jasrianto.

Kegiatan ini kata Jasrianto lagi, bertujuan memberikan, edukasi, pemahaman dan pengetahuan untuk percepatan pembangunan. “Peserta ada 356 orang, terdiri dari Kaur Umum Desa 178 orang dan Kaur Pemerintahan Desa 178 orang. Dan narasumber kita datangkan dari Kampus IPDN Rohil, Pembantu Direktur II, Dosen IPDN, serta instansi terkait,” ujarnya.

Sekedar diketahi, bimtek tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari yakni 12-14 Agustus 2015 di Bagan Siapiapi. Pembiayaan dibebankan kepada APBD Rokan Hilir Tahun Anggaran 2015. Peserta diberi akomodasi, konsumsi serta penggantian uang saku.

 

Adv

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...