6 Kecamatan di Inhil Miliki Potensi Besar

DTPHP Inhil Ajak Petani Budidaya Tanaman Kedelai

Sekertaris DTPHP Inhil, Sudinoto
REDAKSIRIAU.CO TEMBILAHAN - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengajak para petani untuk membudidayakan tanaman kedelai.

Tanaman kedelai ini memiliki potensi dan prospek sebagai tanaman pangan hampir diseluruh kecamatan di Inhil.

"Hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Inhil memiliki potensi bagi perkembangan tanaman kedelai, dan dapat tumbuh subur," Kata Sekretaris DTPHP Inhil, Sudinoto, baru-baru ini.

Loading...
Di Inhil, kata Sudinoto, ada enam kecamatan di Inhil yang memiliki potensi tanaman tersebut, yakni Kecamatan Enok, Keritang, Kempas, Tempuling, dan Pulau Burung.

Kalau dikembangkan dengan baik, maka tanaman kedelai ini mampu meningkatkan perekonomian petani, di luar tanaman padi, jagung dan tanaman pangan lainnya.

"Karena kebutuhan kedelai di Inhil cukup besar, untuk pembuatan tahu dan tempe," Sebutnya.

Untuk diketahui, tanaman kedelai sangat mudah di budidayakan, namun tanaman ini tergolong sangat manja dan butuh perhatian yang sangat mendalam.

Tanaman kedelaiĀ  merupakan tanaman semusim yang dapat tumbuh baik pada berbagai jenis tanah di I Indonesia dengan syarat drainase tanah cukup baik serta ketersediaan air cukup selama pertumbuhan tanaman mulai dari vegetatif sampai generatif tanaman.

Tanaman kedelai dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah alluvial, regosol, grumosol, latosol, atau andosol. Pertumbuhan tanaman kedelai kurang baik pada tanah pasir, dan pH tanah yang baik untuk pertumbuhan kedelai adalah 6-6,5.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...