SHM Afeela Naik Panggung di JMS 2023, Siap Edar di Jepang Mulai 2026

Honda Sony Pamer Mobil Listrik Afeela di AS (Ist)

REDAKSIRIAU.CO.ID - Berbicara soal mobilitas atau mobility, pameran Consumer Electronics Show (CES) yang digelar berkesinambungan di Amerika Serikat juga kerap menampilkan teknologi mobilitas terkait sektor otomotif. Kini, Japan Mobility Show atau JMS 2023 digelar dengan konsep yang memiliki benang merah: kendaraan dan teknologi mobilitas.

Latar belakang ini menjadi salah satu alasan bagi Sony Honda Mobility Inc. atau SHM yang meluncurkan prototipe SHM Afeela dalam CES 2023 pada Januari 2023 memboyongnya ke Jepang.

Dikutip Suara.com dari situs resmi Sony Honda Mobility Inc., SHM bakal mengembangkan model produksi berdasarkan prototipe Afeela.  Filosofi yang digendong SHM Afeela adalah hubungan baru antara manusia dan mobilitas.

Loading...

Rencananya, SHM akan mulai menerima pre-order Afeela pada paruh pertama 2025, lantas penjualan pada akhir 2025, dan pengiriman mulai musim semi 2026 di Amerika Utara dan pada akhir 2026 di Jepang

Sebelum dipamerkan perdana di Jepang dalam JMS 2023 di East Halls 4, 5 dan 6 Tokyo Big Sight, SHM menggelar acara khusus "Meet AFEELA" (17/10/2023) di Toranomon Hills Station Tower, Tokyo Node Hall untuk menunjukkan prototipe Afeela untuk pertama kalinya di Jepang sebelum presentasi publik di pameran otomotif JMS.

"Dengan AFEELA, kami telah mendefinisikan nilai-nilai yang ingin kami berikan kepada pengguna sebagai 3A atau Autonomy, Augmentation, dan Affinity," papar Izumi Kawanishi, Direktur Perwakilan, Presiden dan COO SHM dalam presentasi di Tokyo Node Hall.

"Kami akan memupuk AFEELA sebagai mobilitas dengan kecerdasan. Selain itu, kami akan mengejar kemungkinan-kemungkinan baru selain nilai-nilai mobil konvensional, sehingga mobilitas dapat menjadi sebuah kehadiran yang unik dan menawan bagi pengguna," tandasnya.

Menurutnya, ruang mobilitas akan dikembangkan SHM sebagai ruang hiburan dan ungkapan emosional, dengan mengintegrasikan dunia nyata dan virtual secara mulus. Untuk itu, SHM berusaha untuk tumbuh melalui pembaruan perangkat lunak yang berkelanjutan.

"Kami ingin berpikir out of the box untuk meninjau kembali filosofi dasar desain mobilitas. Kami ingin membangun hubungan baru di mana mobilitas memanfaatkan teknologi penginderaan dan AI (Artificial Intelligence) untuk memahami setiap pengguna, mewujudkan komunikasi yang dipersonalisasi dan interaktif antara mobilitas, pengguna, dan masyarakat. AFEELA akan terus berkembang bersama Anda," pungkas Kawanishi-san.

Spesifikasi SHM Afeela

- Panjang: 4.895 mm
- Lebar: 1.900 mm
- Tinggi: 1.460 mm
- Jenis mobil listrik: BEV (Battery Electric Vehicle)
- Jarak sumbu roda: 3.000 mm
- Sistem gerak: All-wheel Drive (AWD)
- Jumlah penumpang: lima orang
- Dimensi ban: 245/40R21 (depan) dan 275/35R21 (belakang)
- Suspensi: Double Wishbone (depan) dan Multi Link (belakang)

(suara.com/Ragil)
 

 

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...