Beredar Indonesia Masuk Kategori A1 High Risk dari WHO, Ini Tanggapan Kemenkes

REDAKSIRIAU.CO.ID PEKANBARU – Baru-baru ini beredar informasi jika organisasi kesehatan dunia (WHO) memasukkan Indonesia ke kategori A1 high risk penyebaran Covid-19.

Menurut narasi tersebut, Indonesia kini sejajar dengan beberapa negara lain, seperti India, Pakistan, Brazil, dan Filipina.

Menanggapi informasi ini, juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi menyataka informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Loading...

Siti Nadia menegaskan bahwa WHO tak pernah melakukan klasifikasi negara penyebaran Covid-19. WHO, kata dia, sejak pandemi Covid-19 dimulai sudah menyatakan seluruh dunia berada level beresiko tinggi (high risk).

 

“Kami sudah memverifikasi informasi tersebut kepada WHO dan mendapatkan keterangan bahwa WHO tidak pernah membuat klasifikasi negara dengan predikat A1 dan kode lainnya,” jelas Siti Nadia di laman Kemenkes.

Dilanjutkan Siti Nadia, terkait penolakan warga negara Indonesia memasuki negara lain, itu adalah kebijakan dan kewenangan masing-masing negara. Tidak ada kaitan penolakan warga negara dengan WHO.

“Jadi, keputusan itu adalah hak masing-masing negara sama seperti saat ini tidak menerima WNA dari India, Pakistan, bahkan kemarin sempat juga dari Inggris,” pungkas Siti Nadia. (betuahpos

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...