Pelantikan dan Sertijab Ketua TP-PKK Kecamatan

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Pelantikan dan Serah terima jabatan ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Teluk Belengkong, Tembilahan, Batang Tuaka, Kemuning, dan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) digelar di aula Gedung Wanita Tembilahan, Rabu (23/8/2017).

 
Sebanyak 5 ketua TP-PKK tersebut dilantik secara resmi oleh ketua TP-PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan S.Sos ME. 
 
Pada kesempatan itu turut hadir Bupati Inhil yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Drs H Encik Kamal Syahindra MP, unsur forkopimda Inhil, sejumlah pejabat eselon di lingkungan pemkab Inhil, ketua organisasi-organisasi wanita Inhil, camat beserta ketua TP PKK kecamatan se-Inhil, pengurus TP PKK Inhil, dan para undangan.
 
Hendaknya dengan pelantikan ini dapat menjadi motivasi kepada Ibu-ibu untuk lebih aktif lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dikatakan Encik Kamal saat menyampaikan sambutan Bupati. 
 
"Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya atas nama pemkab Inhil mengucapkan selamat kepada ketua TP-PKK yang baru saja dilantik. Semoga dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab bersama jajarannya dalam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dengan meningkatkan seluruh kegiatan PKK di kecamatan masing-masing", urainya.  
 
Ia juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada ketua TP-PKK yang lama atas dedikasi juga pengabdiannya. "Kepada ketua PKK yang lama saya memberi penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian selama ini. Semoga kerja keras yang telah dilakukan memberikan manfaat bagi masyarakat di kecamatannya", harapnya.  
 
Kiprah PKK dalam menunjang pembangunan memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak prestasi-prestasi membanggakan yang sudah disematkan oleh PKK Inhil. 
 
Zulaikhah memaparkan bahwa pelantikan ketua TP-PKK kecamatan ini adalah suatu bentuk tindak lanjut dari pelantikan camat. Karena berdasarkan Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 menjelaskan bahwa yang menjadi ketua TP-PKK kecamatan ialah istri dari camat itu sendiri. 
 
"Saya yakin dan percaya bahwa Ibu-ibu sudah tahu tentang 10 program pokok PKK yang harus dilaksanakan. Program-program itu dilaksanakan disesuaikan dengan prioritas kebutuhan. Seperti melakukan pembinaan ke desa-desa", ujar Ikha, sapaan akrabnya. 
 
PKK di desa-desa dinilai Ikha sudah mampu melakukan kegiatan dengan baik, hal ini tidak lepas dari peran pemerintah yang mendukung kegiatan PKK dengan membantu dari segi pendanaan melalui program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ).
 
Berbeda halnya dengan PKK kelurahan. Terkait dengan program prioritas Bupati tersebut, Ikha menyadari hambatan PKK di kelurahan tidak lepas dari masalah dana. "Suatu organisasi memang tidak bisa berjalan mulus tanpa adanya dukungan dana. Ini yang menjadi target Bupati saat ini, yaitu bagaimana caranya kelurahan juga bisa seperti desa", terang Ikha. 
 
Ikha juga menjelaskan bahwa program PKK bersifat menyeluruh. Oleh sebab itunia berharap walau memiliki berbagai kelemahan hendaknya terus berupaya memajukan PKK dengan sebaik-baiknya. 
 
"Meski dengan keterbatasan kita harus terus berusaha secara maksimal untuk melakukan tugas. Lihat program prioritas di masing-masing pokja. Ketua PKK kecamatan harus berkoordinasi dengan seluruh elemen. Ketua PKK harus memperhatikan program prioritas tersebut seperti IVA test yang merupakan program nasional", harap wanita yang selalu terlihat anggun dan bersahaja ini. 
 
Ia juga menegaskan agar seluruh TP-PKk kecamatan se-Inhil untuk membuat laporan tahunan sebagai bukti fisik administrasi, karena hal ini termasuk ke dalam kategori lomba pada Jambore PKK tingkat provinsi. (ADV)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...