Riau Terancam Kekeringan Karena Tanaman Sawit

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Seluas 2.136.666.15 hektar lahan di Riau ditanami dengan tanaman sawit. Tahukah anda berapa kebutuhan air yang diserap satu pokok sawit?

M.Amrul Khoiri selaku Dosen Fakultas Pertanian dan Perkebunan Universitas Riau berbagi ilmu mengenai tanaman sawit. Dia menyampaikan satu hektar lahan sawit, terdapat 130 pokok sawit.

Loading...

"Jumlah pokok sawit, tergantung jarak antar pokok tapi pada umumnya 1 Ha lahan sawit ada 130 pokok sawit," Ungkapnya kepada kru Bertuahpos, Selasa, (13/12/16).

Dia menambahkan, satu pokok kelapa sawit dewasa menyerap air sebanyak 45 liter perhari. Bayangkan, Provinsi Riau yang memiliki lahan sawit seluas 2.136.666.15 hektar, akan berisi 27.776.659.950 pokok kelapa sawit.

Baca: Lebih Dari 2 Juta Hektar Lahan Di Riau "Diramaikan" Perkebunan Sawit

Jika 1 pokok sawit menyerap air sebanyak 45 liter, banyangkan berapa banyak penggunaan air yang diserap oleh 27 milyar lebih pokok sawit per harinya.

Isnadi Esman selaku Sekjen JMGR mengatakan, perluasan perkebunan sawit agar segera dihentikan. Efisienkan lahan yang sudah ada kemudian perbaiki tata kelolanya.

"Perusahaan harus sudah memikirkan mengganti sawit dengan komoditi lain yg lebih bisa beradaptasi dengan tanah basah sehingga tidak berdampak sistemik terhadap laju kerusakan lingkungan," sebut Isnadi

Isnadi menambahkan, lahan sawit yang begitu luas akan mengakibatkan kekeringan di masa yang akan datang dan masyarakat juga akan merasakan krisis air bersih, selain itu juga lahan rentan akan kebakaran.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...