Kelahiran Bayi Bermata Satu Dengan Jenis Kelamin Laki-laki

REDAKSIRIAU.CO.ID - Kelahiran seorang bayi dengan kondisi bermata satu di Al Bayda, Yaman Pusat menjadi perbincangan, bayi malang yang hanya bertahan hidup selama tujuh jam itu berjenis kelamin laki-laki.

Ia lahir pada Maret 2022. Dia hanya punya satu soket mata dan satu saraf optik. 

Karim Zarai, seorang Jurnalis asal Yaman, menjadi orang pertama yang posting foto bayi itu ke sosial media. Unggahannya itu langsung viral.

Loading...

Dalam unggahannya Karim membubuhkan kalimat, “Ini adalah kasus langka yang dikenal di mitologi Yunani,” sebagaimana dikutip Gulf News yang dilansir detikcom.

Bayi bermata satu ini hanya sanggup bernafas hingga tujuh jam. Sejauh ini belum diketahui, apa penyebab dia meninggal dunia.

Lahirnya bayi bermata satu ini tetap bisa dijelaskan secara medis. Dalam dunia medis, fenomena langka ini disebut cyclopia — kondisi catat yang dianggap sebagai salah satu paling langka di dunia.

Cyclopia juga dikenal dengan sebagai alobar holoprosencephaly. Kondisi kesehatan ini biasanya terjadi pada 1 dari 100 ribu bayi baru lahir.

Healthline, cyclopia terjadi ketika bagian otak depan tidak membelah dengan sempurna. Sering pula, kondisi ini menyebabkan keguguran atau kelahiran mati. 

Sebab, bukan hanya karena bermata satu, bayi yang terlahir dengan kondisi ini biasanya memiliki masalah kesehatan lain karena adanya malformasi otak bayi sejak awal kehamilan.

Kendati demikian, belum ada yang tahu pasti penyebab dari cyclopia. Beberapa pakar mengaitkannya dengan radiasi, namun ada juga spekulasi paparan kimia atau racun yang menjadi biang kerok masalah ini.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...