Ini Keuntungan Hidroponik Di Mata PUF

REDAKSIRIAU.CO,  PEKANBARU - Banyak keuntungan dalam bercocok tanam hidroponik, seperti yang diucapkan oleh salah satu mentor Pekanbaru Urban Farming (PUF), Faisal, salah satunya penggunaan lahan yang lebih efisien.

"Hanya bermodalkan paralon kita bisa melakukan cocok tanam meskipun kita tidak memiliki lahan seperti mereka yang tinggal di daerah perumahan," terang Faisal.

Loading...

Selain lahan yang efisien, bercocok tanam hidroponik juga memiliki beberapa keuntungan dengan bercocok tanam secara langsung di media tanah.

"Kuantitas dan kualitas produksi lebih tinggi dan lebih bersih dengan cara hidroponik. Selain itu penggunaan pupuk dan air lebih efisien. Serta pengendalian hama dan penyakit lebih mudah. Untuk hasil karena tidak menggunakan pestisida sehingga produk hasil tanaman hidroponik lebih tinggi dari produk hasil tanaman non hidroponik," jelas Faisal selaku salah satu mentor PUF.

Ada lagi satu keuntungan yang dimiliki bercocok tanam hidroponik dan tidak dimiliki jika kita menanam secara langsung di media tanah adalah pasca panen. Dalam hidroponik pasca panen lobang bekas tanaman sebelumnya bisa langsung dipakai tanpa harus menunggu 1 minggu seperti kita menanam di tanah langsung.

"Selain itu di Pekanbaru dengan cuaca yang panas seperti ini, bercocok tanam hidroponik masih bisa dilakukan dengan cara pengembunan atau manipulasi cuaca. Satu hal yang tidak bisa kita lakukan jika kita menanam langsung di tanah," tambah Faisal.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...