Fitra Riau Tolak Pembangunan Tugu Integritas

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau menolak pembangunan tugu integritas di komplek Pertamanan di Jalan A Yani, Pekanbaru. "Dari awal sebenarnya kami sudah tolak pembangunan tugu itu," kata Koordinator Fitra Riau, Usman, Jumat (18/11/2016).

Namun sepertinya, Fitra sendiri belum melakukan langkah apapun meski bangunan itu sudah didirikan di komplek pertamanan itu. Sebelum ini, saat dapat informasi pemprov Riau akan bangun tugu tunjuk ajar integritas, pihaknya langsung melakukan klarifikasi.

Loading...

"Tapi pihak Pemprov Riau bilang bukan pembangunan tugu, tapi hanya pembangunan taman saja. Ya, mau bagaimana lagi, barangnya sudah jadi dan sudah berdiri tegak," katanya.

Dalam kajian Fitra, APBD Riau memang ada menggelontorkan pembangunan taman dan ruang terbuka hijau, di lokasi pembangunan tugu itu. Usman menyebutkan secara spesifik tugu ini diyakini hanya sebagatas monumen dan sama dengan tugu-tugu yang sudah ada. Tidak ada manfaat langsung yang akan dirasakan oleh masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau akan mengucurkan dana sebanyak Rp 420 juta, untuk membangun tugu anti korupsi. Tugu ini akan diresmikan bersamaan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang berlangsung pada tanggal 9 Desember 2016 nanti.

Proyek itu dipegang oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Ciptada) Riau. Lokasi pembangunan tugu itu di Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru, tepatnya di depan rumah dinas Walikota Pekanbaru.

Kepala Dinas Ciptada Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno mengatakan, pembangunan tugu itu akan dikebut sebelum tanggal 9 Desember 2016. Targetnya peresmian tugu berbarengan dengan perintan HAKI.

"Ini sebagai bentuk dukungan dalam dalam Festival Anti Korupsi nanti. Pembangunan tugu itu, sekarang dalam tahap pembangunan," katanya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...