Kata Kasi Promkes Dinkes Inhil, HIV AIDS Dapat Dicegah Dengan ABCDE

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Kasi Promkes Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Siti Munziarni, mengatakan bahwa Human Immunodeficiency Virus atau yang lebih dikenal dengan sebutan HIV dan Aquired Immunodeficiency Snydrome atau AIDS dapat dicegah melalui beberapa cara berikut ini.

  

   Pertama dengan cara (Absen seks) atau tidak melakukan hubungan seks sama sekali, kedua dengan cara (Befaithfull) atau saling setia dengan pasangan atau tidak bergonta ganti pasangan, ketiga selalu menggunakan (Condom) jika melakukan hubungan yang berisiko, keempat (Dont inject) atau tidak menggunakan alat-alat suntik atau jarum bekas dan kelima (Education) atau selalu mengikuti perkembangan informasi tentang HIV/AIDS dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS.

Loading...

  

   "Dengan menerapkan cara pencegahan  A B C D E diatas, maka kemungkinan untuk terkena HIV dan AIDS sangat jauh," sebut Siti Munziarni.

  

   Dijelaskannya, HIV dan AIDS merupakan virus yang terdapat di dalam tubuh manusia dan dapat menyebabkan turunnya kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga gagal melawan infeksi.

  

   "Virus ini menyerang sistem kekebalan atau sel darah putih (limfosit) pada tubuh manusia sehingga kekebalan tubuh manusia yang terinfeksi virus ini akan menurun," jelasnya.

  

   Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan HIV/AIDS dengan menerapkan hidup sehat dan didukung dengan lingkungan kehidupan yang sehat.

  

   "Jadi jika ada yang ingin melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di Kabupaten Indragiri Hilir, bisa mendatangi RSUD Puri Husada, Puskesmas Gajah Mada, Puskesmas Tembilahan Kota, Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Tanah Merah, Puskesmas Sungai Guntung dan Puskesmas Selensen," sebutnya. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...