Biar Tak Makin Parah, Hindari 5 Makanan Ini Agar Kram Perut Menstruasi

Ilustrasi sakit perut (freepik.com)

REDAKSIRIAU.CO.ID - Saat menstruasi, umumnya perut terasa kembung hingga kram. Karenanya hindari mengonsumsi makanan ini agar tidak semakin parah.

Rasa sakit perut saat menstruasi umumnya terjadi karena berkurangnya kerja hormon estrogen dan progesteron. Tak hanya kram, perut akan terasa kembung dan pinggul nyeri.

Kondisi ini akan semakin parah jika kamu salah memilih makanan. Hindarilah makanan yang dapat meningkatkan prostaglandin, seperti yang dikutip dari Pulse.nd (21/09/23),

Loading...

Berikut 5 makanan yang harus dihindari saat menstruasi dikutiup dari detik.

1. Makanan Olahan

Makanan olahan dapat memperburuk rasa sakit perut yang dialami akibat menstruasi. makanan olahan umumnya tinggi akan garam yang bisa menyebabkan retensi atau penumpukan air.

Jika mengonsumsi makanan olahan saat menstruasi dapat menyebabkan perut kembung. Tak hanya tinggi garam, makanan olahan juga tinggi akan gula.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan dan menurunkan energi secara mendadak. Kondisi ini bisa menyebabkan perut kram.

2. Produk Susu

Meskipun menyehatkan, mengonsumsi susu dan produk turunannya sangat tidak dianjurkan ketika sedang menstruasi. Itu karena susu dapat menyebabkan perut kembung.

Lemak yang terkandung pada susu dikemas dengan asam arakidonat yang memproduksi prostaglandin sehingga dapat menyebabkan kram dan peradangan sehingga memperparah nyeri haid.

3. Kopi

Kafein pada kopi bisa memberikan manfaat maupun efek samping. Jika tak ingin merasakan efek samping, hindari mengonsumsi kafein saat sedang menstruasi.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Selain dapat memperburuk rasa nyeri haid, minum kopi dan minuman berkafein lainnya juga bisa membuat hormon stres menjadi meningkat.

4. Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga sebaiknya harus dihindari saat sedang menstruasi. Mengonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan jumlah prostaglandin dalam tubuh.

Itu merupakan kondisi yang menyebabkan rahim berkontraksi dan kemudian mengakibatkan rasa kram yang tak nyaman. Selain itu, juga meningkatkan rasa nyeri.

5. Daging Merah

Ketika sedang menstruasi, tubuh memproduksi prostaglandin yang menyebabkan perut kram. Sementara itu, daging merah pun mengandung hal yang sama.

Sehingga ketika mengonsumsi daging merah saat sedang menstruasi, maka bisa meningkatkan jumlahnya dan akibatnya bisa memperparah rasa nyeri perut. (ragil)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...