Cuaca Buruk, Harga Bawang Merah Tembus Rp 40 Ribu Per Kilogram

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Tidak hanya cabai merah, namun kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok atau harian di pasaran juga berdampak pada bawang merah.

Loading...

Seperti pantauan kru bertuahpos.com ke Pasar Kodim, Pekanbaru. Saat ini harga bawang merah mencapai Rp 40 ribu per kilogramnya. Yang sebelumnya diharga Rp 32 ribu per kilogramnya.

"Iya, bawang merah ikutan naik juga setelah cabai merah. Sekarang bawang merah harganya Rp 40 ribu per kilogramnya dari Rp 32 ribu per kilogramnya," ungkap Rico pedagang sembako di pasar Kodim, Rabu (16/11/2016).

Kondisi harga tersebut kata Rico, sudah terjadi sejak seminggu belakangan. "Kita ambil bawang dari Bukit, karena cuaca lagi tidak bagus, jadinya gagal panen. Karena itulah banyak harga jadi naik. Kira-kira dalam seminggu inilah," tambahnya.

Tentu saja, kenaikan harga sembako tersebut sangat berpengaruh pada daya beli masyarakat. Begitu pula bagi pedagang.

"Tentu sangat mengeluhkan. Daya beli jadi berkurang, biasanya pembeli beli sekilo, jadi setengah dan seterusnya. Sesuai kebutuhannya saat itu saja," katanya.

Rico tidak dapat memprediksikan kapan harga komuditi tersebut kembali normal. Hanya saja menurutnya, jika cuaca di Sumbar sudah baik tentu harga juga mulai stabil.

"Kemungkinan turun untuk minggu-minggu ini belum, karena kalau cuaca buruk di Sumbar tetap masih tinggi harganya. Kami pun jadi susah juga kan," paparnya.

Hal senada juga dirasakan oleh Erna, pedagang sembako di pasar Palapa, jalan Durian Pekanbaru.

Sejak seminggu belakangan ini, harga pasaran bawang merah dipasar tersebut juga mencapai Rp40 ribu per kilogramnya.

"Naik Rp5 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu per kilogramnya. Seminggu ini diharga Rp40 ribu per kilogramnya," kata Erna.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...