Ini Cara Memantau Kesehatan Anak dan Deteksi Dini Masalah Gizi

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Zainal Arifin melalui Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Inhil, Siti Munziarni menghimbau kepada seluruh ibu-ibu yang memiliki bayi atau balita untuk ikut Posyandu.

Himbauan ini ia sampaikan karena menilai pentingnya Posyandu bagi kesehatan anak-anak. Ia pun meminta para ibu untuk melakukan penimbangan balita di Posyandu dengan tujuan untuk memantau kesehatan anak dan mendeteksi dini masalah gizi.

Loading...

"Mengapa anak perlu ditimbang, itu karena untuk memantau pertumbuhan anak, memantau kesehatan anak dan mencegah terjadinya masalah gizi serta deteksi dini masalah gizi pada anak," sebutnya.

Siti Munziarni juga menjelaskan kapan waktunya anak harus ditimbang. Menurut penjelasannya, anak harus ditimbang sebulan sekali secara rutin di Posyandu agar pertumbuhan anak bisa diketahui.

"Jadi penimbangan itu harus dilakukan di Posyandu, karena di Posyandu tersedia peralatan yang diperlukan, selain itu ada juga pemberian kapsul vitamin A warna biru untuk bayi usia 6-11 bulan dan kapsul warna merah untuk anak balita usia 12-59 bulan setiap bukan Februari dan Agustus," ungkapnya.

Selain itu, katanya lagi, anak juga bisa mendapatkan tambahan bergizi dan juga mendapatkan imunisasi dasar lengkap serta ibunya juga bisa mendapatkan tablet tambahan darah minimal 90 tablet selama kehamilan.

"Yang lebih penting lagi, sang ibu juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang gizi dan kesehatan," tukasnya. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...