Tiga Karyawan Tambang Emas di Papua Ditemukan Selamat

REDAKSIRIAU.CO,  NABIRE - Tiga karyawan tambang emas yang dijemput paksa oleh sejumlah pria bersenjata, pada 24 Oktober 2016, ditemukan pihak Kepolisian Polres Nabire dalam keadaan selamat.

Ketiganya ditemukan di Mosairo Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Papua, tepatnya di camp perusahaan tambang PT Kristalin, pada Sabtu 29 Oktober 2016. Ketiganya masing-masing Donny, Waseng, dan Hartono.

Loading...

Meski ditemukan selamat, ketiganya mengalami luka lebam pada beberapa bagian tubuh mereka diduga akibat penyiksaan. Dari keterangan ketiganya, polisi akhirnya berhasil menangkap para pelaku penculikan.

"Pelaku penculikan sudah ditangkap. Yang menyuruh diduga istri dari Pak Arwan dan sopir An Sudir. Untuk sementara, mereka diamankan di Polres Nabire," kata salah seorang polisi minta namanya dirahasiakan, Minggu (30/10/2016).

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Nabire AKP Helmi mengatakan, setelah ketiga karyawan tersebut ditemukan, akan dilakukan dimediasi untuk penyelesaian masalanya.

"Sudah kembali dan rencananya itu kita mau mediasi. Jadi ini cuma misskomunikasi saja," terang AKP Helmi.

Terpisah, PT Kristalin membantah keterlibatan perusahaan dalam pengambilan paksa ketiga karyawannya. Komisaris Utama PT Kristalin Arif Setiawan yang dikonfirmasi mengaku dirinya mengenal Arwan.

"Saya tidak ada kehilangan, wong saya belum melakukan produksi. Jadi Arwan sama sekali bukan pelaksana lapangan mas, dan Pak Arwan itu bukan karyawan kami. Lalu perintah untuk mengambil orang itu tidak ada itu," tegasnya.

Arif juga mengatakan, pernyataan dirinya bukan sebagai bentuk pembelaan diri. Namun karena isu adanya karyawan yang dikabarkan diambil paksa itu merupakan isu sensitif.

"Bukannya saya membela diri yah mas, ini isu sensitif. Kan ada institusi yang dipojokkan. Saya rasa sangat berlebihan yah. Saya tegaskan tidak ada, tidak ada sama sekali mas. Kalau kehilangan kan saya buat laporan polisi," terpisnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...