Hutan Lindung di Kampar Terbakar, Satgas Kesulitan Jangkau Lokasi

REDAKSIRIAU.CO, KAMPAR - Kebakaran hebat melanda hutan lindung Batang Ulak Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau. Medan yang sulit membuat tim satgas kesulitan menjinakan si jago merah.

Loading...

Kebakaran di Hutan Batang Ulak juga mengancam kawasan Suaka Margasatwa Rimbang Baling karena lokasi berdekatan. Kebakaran disana terjadi akibat perambahan besar-besaran.

"Kebakaran disana sudah terjadi sejak 7 Oktober 2016. Kita susah mencapai lokasi karena medan yang sulit," ucap Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kampar M Nasir kepada okezone Kamis (20/10/2016).

Selain hutan lindung, kebakaran juga merambah Dusun Empat Desa Tanjung Permai, Kampar Kiri. "Total luas area yang terbakar ada 58 hektar terdiri dari 10 hektar hutan lindung dan 48 hektar lahan masyarakat. Lahan milik warga yang terbakar adalah kebun karet," tandasnya.

Tim dari TNI, Polri dibantu dengan 36 orang dari Sinarmas Grup sudah sepekan berusaha menjangkau lokasi. Namun karena medan yang sulit yakni perbukitan yang sempit dengan ketinggian 1500 feet.

"Di lokasi tingkat kemiringan rata-rata sekitar 45 derajat sampai 65 derajat ini sangat menyulitkan tim darat kita. Selain itu sumber air yang relatif jauh lebih mencapai 2 kilometer dari sumber kebakaran.Jadi praktis tim darat harus kerja ekstra," tambah Humas Public Relations Sinarmas Forestry, Nurul Huda.

Satgas Udara sampai hari ini belum bisa mengirim udara karena helikopter dari BNPB masih dalam perbaikan."Kita mengirim 2 helikopter jenis super puma dan heli jenis B3 PK-DAM untuk membantu pemadaman dari udara," pungkasnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...