Makanlah dari Tepi Wadah, Seperti Perintah Rasulullah

Ist

REDAKSIRIAU.CO - TELAH kita ketahui bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh umat manusia. Islam merupakan agama yang sempurna. Segala aspek dalam kehidupan ini Islam atur dengan begitu indah dan cermat. Bahkan hal yang terkadang tak banyak orang pikirkan dan anggap sepele, telah Islam atur 14 abad yang lalu. Termasuk persoalan makan. Islam telah mengatur bagaimana seharusnya adab kita dalam makan. Salah satuny adalah dengan memulai makan dari tepi wadah.

Dari Ibnu Abbas, Nabi pernah bersabda,

“Berkah itu turun pada tengah makanan, karenanya makanlah dari tepi wadah tersebut dan jangan mengambil dari tengahnya.” (HR. Abu Dawud)

Loading...

At-Tirmidzi mengatakan bahwa status hadits tersebut adalah hasan.

Dari Abdullah bin Busrin, dia menceritakan: “Nabi mempunyai wadah besar yang disebut Al-Gharra, yang dibawa oleh empat orang. Ketika mereka pada pagi hari, mereka disuguhi wadah besar tersebut-yang telah berisi bubur- dan mereka pun berkumpul mengelilingi wadah tersebut.

Setelah jumlah mereka banyak, maka Rasulullah duduk berlutut. Lalu seorang badui berucap, ‘Duduk macam apa itu?’ maka Nabi berkata, ‘Sesungguhnya Allah telah menjadikan aku hamba yang mulia, dan Dia tidak menjadikan aku sebagai hamba yang sombong lagi kasar.’ Selanjutnya beliau bersabda, ‘Makanlah dari tepi wadah tersebut dan jangan mengambil dari tengahnya, niscaya akan diberikan berkah kepadanya.” (HR. Abu Dawud)

Sumber: Islampos.com dan Fiqih Wanita Edisi Lengkap/Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah/Pustaka Kautsar

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...