Harga Cabe Merah Melambung Tinggi, Disperindag Ngadu ke Provinsi

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Hal tersebut dikarenakan harga cabe merah tembus Rp 80 ribu per kilogram.

Loading...
Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman. "Hari ini kita langsung koordinasi dengan Disperindag Riau," katanya di ruang kerja, Selasa (11/10/2016).

Hal tersebut dikarenakan lonjakan Harga cabe yang biasanya Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu sudah melonjak 100 persen menjadi Rp 80 ribu. "Sesuai aturan ada yang menyebutkan sembako di atas 20 persen pemerintah boleh intervensi. Tetapi wewenang itu diserahkan ke siapa? Makanya kami koordinasi dengan Provinsi," sebutnya.

Untuk langkah yang diambil atas kenaikan harga tersebut, Disperindag masih sebatas memantau. "Setiap hari kita lakukan pengawasan," sebutnya.

Tentang kenaikan harga pihaknya sudah berkoordinasi ke petani-petani yang ada di Sumatera Barat (Sumbar). “Sudah kita tanya, kenaikan harga memang tidak dapat dihindari. Penyebabnya suplai dari Sumbar berkurang akibat adanya gagal panen,” katanya.

Seperti diketahui pekan ini harga cabe merah asal Bukittinggi tiba-tiba melonjak tajam. Bahkan kenaikan harga cabe merah asal Bukittinggi turut membuat cabe merah asal Jawa dan Medan ikutan melonjak hingga Rp 65 ribu per kilogram.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...