Babinsa Serka Damrianto Ingin Masyarakat Budayakan Gotong Royong

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Danramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono melalui Babinsa Bayas Serka Damrianto mengajak masyarakat agar membudayakan kegiatan bergotong-royong. Menurutnya dengan budaya tersebut, rasa kesatuan berbangsa akan tetap terjaga.      

Loading...
"Berangkat dari hal tersebutlah saya sering Untuk mengajak Warga Masyarakat disini (Desa Bayas Jaya Kecamatan Kempas ; red) untuk gotong royong melakukan perbaikan Jalan Desa tempat Lalu lintasnya masyarakat," sebutnya, Selasa (11/10/2016).

Menurutnya Gotong berarti pikul atau angkat, sedangkan royong berarti bersama-sama,  Sehingga jika diartikan secara harafiah gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama.

"Gotong royong dapat dipahami pula sebagai bentuk partisipasi aktif setiap individu untuk ikut terlibat dalam memberi nilai positif dari setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang-orang di sekelilingnya. Partisipasi aktif tersebut bisa berupa bantuan yang berwujud materi, keuangan, tenaga fisik, mental spiritual, ketrampilan, sumbangan pikiran atau nasihat yang konstruktif, sampai hanya berdoa kesejahteraan," jelasnya

Sedangkan, lanjutnya lagi, budaya gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum, entah yang terjadi atas inisiatif warga atau gotong royong yang dipaksakan. 

Dalam pelaksanaaan gotong royong perbaikan jalan di desa Bayas Jaya Kali ini Babinsa ingin mengajak warganya agar selalu  semangat bekerja yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu." Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia lebih berdaya dan sejahtera,"ungkapnya

Dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat Binaannya agar tetap bersatu dalam segala Hal demi kepentingan bersama.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...