Ini Penilaian Petani Inhil Tentang Harga Kelapa dan Biji Pinang

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Rendah dan tingginya harga jual biji pinang kering dan buah kelapa di Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau tergantung keberadaan kapal pengangkut yang biasa membeli komoditi tersebut.

  

   Penilaian itu disampaikan oleh beberapa petani yang ada di daerah tersebut. Yoyong salah satunya, sepengetahuannya selama menjadi petani, nilai jual salah satu penghasilan terbesar didaerah tersebut kerap mengalami penurunan harga jika kapal pengangkut yang membeli kelapa ataupun biji pinang sedang tidak berada di lokasi atau sedang berangkat untuk menjual barang dagangannya keluar negeri.

Loading...

  

   "Setahu saya kapal-kapal itu menjualnya ke Malaysia, jadi kalau mereka belum datang maka biasanya harga jual akan diturunkan oleh para pengepul," katanya, Jum'at (26/8/2016).

  

   Selain itu, Rian petani lainnya juga menyampaikan pendapat yang sama dan ia berharap kedepannya ada ketetapan nilai jual buah kelapa maupun biji pinang didaerahnya tersebut.

  

   "Kalau harganya bisa stabil maka petani lainnya juga bisa merasakan kenaikan harga, karena untuk proses pengolahan kelapa itu membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi kalau sebentar naik lalu turun lagi mana bisa kami menjualnya," ungkapnya.

  

  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...