Ini Kesalahan Bisnis Yang Paling Sering Dilakukan Para Pebisnis

REDAKSIRIAU.CO - Sebagai pebisnis, Anda harus tahu banyak hal agar usahanya berkembang.

Salah satunya mengetahui kapan saatnya berhenti melakukan stok produk.

Loading...

Berikut ini ada empat kesalahan bisnis yang paling sering dilakukan para pebisnis berkaitan dengan stok produk.

Pertama, Terus menambah stok produk. Saat kualitas produk yang Anda jual kian menurun. Maka, jangan menambah stok barang dari suplier langganan. Itu artinya, Anda harus mencari suplier lain yang menjual produk sama. Pastikan pula jika suplier baru menawarkan produk yang berkualitas.

Kedua, Tidak memperhatikan karakter supplier. Kenalilah karakter supplier-suplier Anda. Diantara supplier-supplier Anda, mungkin saja ada diantaranya yang tidak cekatan dalam mengirimkan produk. Ada yang responsive, namun ada juga yang lamban. Ada yang sangat menjaga hubungan dengan reseller namun tak jarang pula yang bersikap acuh.

Jika supplier langganan Anda mulai kurang bersahabat, baiknya stop membeli produknya, cari supplier lain yang lebih kooperatif dan responsive. Bagaimanapun supplier adalah salah satu kunci kelancaran Anda berbisnis.

Ketiga, Menimbun stok. Jangan melakukan stok barang jika produknya masih banyak tersimpan di toko atau di gudang.

Bisa jadi, produk tersebut sudah sepi peminat. Anda harus rajin menghitung stok produk, sehingga bisa membeli atau menggantikannya dengan produk keluaran terbaru.

Keempat, Tidak mempunyai catatan keuangan dan catatan stok barang yang rapi. Kalau faktur pembelian dan penjualan belum tercatat dengan rapi, maka jangan stok produk dahulu.

Soalnya, Anda nggak bakal tahu berapa angka keuntungan pastinya. Padahal, Anda harus mengeluarkan uang jika membeli produk lagi, bukan?. Jadi, catatan keuangannya harus jelas dulu, ya.

Nah, sudah tahu kan kapan waktunya Anda harus stop stok produk untuk sementara maupun jangka panjang. Jadi pebisnis emang harus belajar banyak hal kok, tapi seru banget.

Kuncinya tetap semangat berbisnis dan jangan pernah berhenti mencari ilmu bisnis. Hanya dengan belajar seorang pebisnis dapat menghindari melakukan kesalahan-kesalahan bisnis. Belajar bisnis bisa dari mana saja, yang terpenting Anda selalu siap mengosongkan gelas Anda setiap saat!

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...