Antisipasi Karlahut, Warga Inhil Ini Goro Buat Kanal

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Sebagai upaya antisipasi terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Kepala Desa Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau bersama masyarakatnya bergotong royong membuat parit pembatas.

Parit atau kanal pembatas itu nantinya bisa berguna untuk membatasi penyebaran api jika terjadi kebakaran lahan. Selain itu air yang terdapat didalamnya juga bisa digunakan untuk alat pembantu pemadaman api.

Loading...

"Kita bersama dengan Babinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat baru saja membuat satu kanal bloking di antara parit 3 dan parit 4 untuk mencegah terjadinya karlahut di Desa kita," sebut Kades Belantaraya, Hasbullah, Rabu (6/4/2016).

Kanal pembatas itu dibuat dengan ukuran sebesar 3,3 x 5 meter dengan dalam 3 meter dan akan dibentuk memanjang disekitar lahan yang dianggap rawan terjadi kebakaran lahan.

"Hari ini kita buat satu dulu, kita juga akan membuat di lokasi-lokasi yang rawan terjadi karlahut," ungkapnya.

Untuk memaksimalkan antisipasi serta memudahkan untuk mendapatkan air, Hasbullah juga menghimbau warganya untuk membuat kolam disetiap lahan-lahan milik masing-masing warganya.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk membuat kolam ditengah-tengah lahan, ada dua keuntungan jika membuat kolam di tengah-tengah lahan. Pertama mudah memproleh sumber air jika ingin meracun dan yang kedua mudah memperoleh air jika terjadi karlahut," imbuhnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...