Krisis Listrik, PLN Kirim Genset Pakai Pesawat

Int
REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - PT PLN (Persero) terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan krisis listrik yang terjadi di Pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara. Hari ini, PLN mengerahkan sejumlah genset yang didatangkan dari Jakarta, Riau, Medan, Sumatera Barat dan Langsa (Aceh).

Dari Jakarta, mobilisasi genset akan dilakukan melalui jalur udara, yang akan dikirimkan pada hari ini dengan kapasitas 4,7 Mega Watt (MW). Pengiriman genset dari Jakarta ini nantinya akan disebar dengan prioritas untuk perumahan mengingat tempat pelayanan masyarakat telah menyala dengan genset yang didatangkan sebelumnya.

Loading...

"Untuk hari ini, kami sedang berupaya untuk mengirimkan genset dari Jakarta melalui udara, diharapkan malam nanti telah tiba di Nias sehingga bisa dimanfaatkan pada hari yang sama," ujar Manajer Senior Public relation PLN, Agung Murdifi, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Sementara dari Riau dan Medan rencananya juga ada penambahan genset masing-masing berkapasitas antara 100 hingga 400 kW yang dikerahkan melalui jalan darat dan laut dengan harapan akan segera tiba di Nias pada besok hari. Keseluruhan genset ini bisa langsung dinyalakan begitu tiba di Nias.

Pengiriman genset dari Langsa juga dilakukan pada pagi tadi, sebanyak 23 kontainer pengangkut genset berkapasitas 1,3 MW telah memulai perjalanan menuju Nias. Diprediksi akan sampai di Nias pada besok hari.

Bantuan genset juga datang dari wilayah Sumatera Barat sebanyak 4 unit genset masing-masing berkapasitas 100 kW, yang berasal dari Area Bukit Tinggi, Solok dan Payakumbuh.

"Segala upaya penambahan pasokan listrik untuk Nias terus kami kerahkan agar masalah pemadaman listrik Nias segera selesai, kami juga saat ini telah mengirimkan tenaga operator tambahan untuk pengoperasian seluruh mesin genset yang ada, kami mohon dengan sangat kepada masyarakat agar bersabar, karena kami akan upayakan langka yang cepat untuk segera mengatasi pemadaman yang terjadi," tambah Agung.

Terkait dengan bahan bakar untuk Diesel, PLN juga telah menambah cadangan BBM dari 5 hari menjadi 10 Hari.

Selain itu upaya yang telah dilakukan PLN sebelumnya yakni mendatangkan 17 genset dengan perincian 10 genset pada gelombang 1 berkapasitas 650 kVA yang diambil dari seluruh area di wilayah Sumut di antaranya dari Sibolga 6x50 kVa, Binjai 3x100 kVA, Pematang Siantar 1x100 kVA, Padang Sidimpuan 2x100 kVA + 50 kVA, Medan 1x100 kVA, Lubuk Pakam 1x100 kVA, Rantau Prapat 1x100 kVA.

Sebagai informasi, sudah 4 hari sejak Jumat (1/4/2016) lalu Pulau Nias mengalami krisis listrik akibat 2 PLTD sewa 2 x 10 MW berhenti beroperasi. Kedua mesin PLTD itu terletak di Moawo 10 MW dan Idanoi 10 MW. Pada Jumat (1/4/2016) malam, pukul 22.21 WIB pemilik PLTD sewa memberhentikan operasi mesin tersebut karena masalah kontrak dengan PLN. Saat ini Nias mengalami krisis listrik sebanyak 74,07% atau sebesar 20 MW dari total beban puncak sebesar 24 MW.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...