Ini Himbauan Dinsos Inhil Terkait Dengan Kasus ODGJ

Salah seorang penderita ODGJ di Inhil
REDAKSIRIAU.CO, TEMBILAHAN - Kepala Dinas Sosial Hj Nurlia melalui Sekreatris Andy Manaf, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaporkan ke pihak Dinsos jika menemukan Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) agar dapat ditindaklanjuti.

"Minimal hubungi saya, atau sms, Insyallah kita akan kerahkan pihak Dinsos turun kesana," katanya, Rabu (10/2/2016).

Andy Manaf mengatakan, pihak Dinsos tidak keberatan jika ada kesadaran dari masyarakat yang ingin mengadukan kepada Dinsos jika menemukan ODGJ. Akan tetapi tentunya harus ada koordinasi terlebih dahulu dari pihak keluarga yang bersangkutan.

Loading...

"Kami (Dinsos, red) siap menangani orang dengan gangguan jiwa untuk dikirim ke Rumah Sakit Jiwa. Namun harus ada laporan dan persetujuan dari pihak keluarganya dulu," sebut Andy Manaf.

Selain itu, Andy Manaf juga mengungkapkan bahwa kendala yang sering dihadapi dalam penanganan kasus seperti ini adalah masih minimnya anggaran dan staff dari Dinsos itu sendiri, untuk itu ia berharap peran dan partisipasi dari masyarakat untuk membantu menginformasikan jika ada ditemukan kasus ODGJ seperti ini.

"Saya berharap masyarakat mulai dari RT, RW, Kepala Dusun dan semuanya agar menginformasikan ke kami dan kami selaku Dinas Sosial selalu mengupayakan, terbuktinya pertahun, kami telah mengirim sebanyak 30 orang kesana (RS Jiwa Pekanbaru, red)," tukasnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...