Bupati Rohil Minta Puskesmas Lakukan Sosialisasi Terkait Asap di Musim Panas

REDAKSIRIAU.CO ROHIL - Masalah kesehatan yang mengancam terkait adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terdapat di sebagian wilayah kepemimpinannya itu, Bupati Rokan Hilir, Soeyatno Amp meminta setiap Puskesmas untuk terus menerus melakukan sosialisasi kepada Masyarakat tentang bahaya asap disertai dengan pengobatan.

Demikian hal itu dikatakan olehnya menyusul musim saat ini sudah berganti dari musim hujan ke musim panas yang cenderung terjadinya karhutla.”Kita telah mengintruksikan kepada tiap-tiap Puskesmas yang ada di Rohil untuk segera melakukan sosialisasi terhadap bahaya asap sisa dari Karhutla tesebut,” kata orang nomor satu Rohil itu kepada wartawan, Senin 6/7 di Bagan Siapaipi.

Memang sejauh ini di Rohil belum ada karhutla yang meluas dan dapat dipadamkan, akan tetapi sebut Bupati, hal itu tidak tertutup kemungkinan Karhutla itu akan terus terjadi lagi Rohil. Apalagi menurut dia, Rohil masih rawan terjadi karhutla dikarenakan lahan yang berstatus gambut masih luas, dan persentasenya mencapai 75%.

Loading...

Dengan status musim yang befluktuasi seperti ini, ditambah dengan rawannya asap menyelimuti Rohil dan sekitarnya, kita mintakan kepada seluruh Puskesmas yang terdapat di kabupaten yang kita cintai ini, untuk melakukan sosialisasi terhadap bahaya asap kepada warga. Jika nanti terjadi karhutla, maka Puskesmas yang ada diminta untuk mengingatkan warga agar tidak sering keluar rumah,” ujarnya.

Disisi lain Soeyatno juga mengingatkan kepada para perusahaan dan aparat Desa apabila terjadi kebakaran untuk melakukan pemadaman secara bergotong royong. “Jangan sampai kampung sebelah terbakar didiamkan, padamkan segera mungkin dengan peralatan yang ada secara bergotong royong.

Karena, kalau tidak kerja sama dan mengharapkan alat alat bantuan datang, ya pasti habis lah dan membesar apinya kemana mana. Makanya, kesadaran itu sangat diperlukan untuk terus melakukan gotong royong. Apalagi hasilnya kan untuk kita semua dan bukan untuk diri pribadi,” tukasnya.

 

Adv

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...