Tiga Tantangan dan Tugas Pemerintah Versi Partai Demokrat

REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA Partai Demokrat menyebutkan ada tiga tantangan dan tugas pemerintah yang harus dilakukan ke depan. Ketiga tantangan itu adalah mengatasi persoalan ekonomi, mengamankan pilkada serentak 2015, dan mengelola gejolak sosial masyarakat.

"Tugas utama pemerintah dalam setahun mendatang adalah memulihkan kondisi ekonomi nasional yang mengalami banyak persoalan," ujar Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015).

Setidaknya ada beberapa standar perekonomian yang harus dicapai pemerintah.

Loading...

Pertama, pertumbuhan ekonomi harus mencapai minimal 6 persen. Kedua, daya beli masyarakat meningkat, dan harga kebutuhan pokok menurun. Ketiga, gelombang PHK menurun dan lapangan pekerjaan meningkat.

Tantangan berikutnya adalah menjamin pilkada serentak 2015 aman, tertib dan demokratis. Pemerintah perlu menjamin pelaksanaan kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara dapat berlangsung tertib.

Selain itu, pemerintah perlu menjamin netralitas penyelenggara pilkada. Kemudian, mencegah terjadinya pelanggaran pemilu seperti intimidasi dan politik uang.

Selanjutnya, yang juga menjadi tugas pemerintah adalah mengelola gejolak sosial masyarakat. Partai Demokrat berharap pemerintah beserta aparat keamanan dan penegak hukum melakukan pengelolaan yang tepat seperti insiden yang terjadi di Tolikara, dan di Aceh Singkil, di dalam setahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

"Pemerintah perlu melakukan antisipasi, apalagi konflik sosial yang berkaitan isu agama, isu yang sangat sensitif di Indonesia," kata Hinca.

 

Sumber : kompas.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...