Begini Tips Memulai Olahraga di Gym untuk Pemula

Ilustrasi

REDAKSIRIAU.CO.ID - Pergi ke gym untuk pertama kalinya bagi beberapa orang bisa jadi hal yang canggung atau menegangkan.

Mungkin terbesit rasa malu karena belum mengetahui bagaimana caranya menggunakan alat-alat kebugaran di tempat gym.

Namun, hal itu jangan sampai menyurutkan niat Anda untuk memulai hidup sehat. Bagaimana pun, rutin olahraga adalah hal penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Loading...

Dan, memutuskan berolahraga di gym bisa jadi langkah yang tepat untuk memulai hidup sehat.

Hal ini dapat membantu memulai perjalanan kebugaran Anda dan menjadikan olahraga Anda terasa seperti bagian normal dari rutinitas harian Anda.

Mengapa olahraga penting?

Selain menerapkan pola makan, rutin olahraga adalah bagian penting untuk kesehatan.

Menurut informasi dari Healthline, olahraga membantu kita mencapai dan mempertahankan berat badan serta massa otot yang sehat.

Rutin olahraga juga mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kesehatan mental, membantu tidur lebih nyenyak, bahkan meningkatkan kualitas seks.

Tips memulai berolahraga di gym

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan berolahraga di gym.

Melansir laman Fitness First, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat pertama kali berolahraga di gym:

1. Pilih waktu yang tepat

Pagi hari sering kali dianggap sebagai waktu terbaik untuk berolahraga karena dapat mengurangi tingkat stres dan membuat Anda berenergi sepanjang hari.

Namun, itu semua tergantung pada ritme sirkadian Anda. Ritme sirkadian adalah jam internal tubuh, yang menyebabkan Anda berfluktuasi antara waspada dan lesu sepanjang hari.

Jika Anda menganggap diri Anda orang yang suka bangun pagi, akan mudah untuk memotivasi diri sendiri selama satu jam di gym sebelum bekerja.

Namun jika Anda memiliki banyak pekerjaan di pagi hari, Anda bisa per gi ke gym saat sore atau sepulang kerja.

Sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk olahraga, semuanya bergantung pada kondisi tubuh Anda.

Jadi, sesuaikanlah dengan kondisi tubuh dan pergilah ke gym pada saat yang paling nyaman bagi Anda.

2. Perhatikan apa yang harus dipakai dan dibawa

Jika Anda benar-benar ingin memaksimalkan sesi Anda dan mencapai kinerja puncak olahraga, Anda harus menyiapkan keperluan olahraga sebaik mungkin.

Ada baiknya saat pergi ke gym Anda membawa semua perlengkapan, seperti sepatu olahraga, handuk, camilan pasca-olahraga, dan air minum.

Untuk pakaian olahraga, gunakan pakaian khusus olahraga yang bisa menyerap keringan dan cepat kering saat lembap oleh keringat. Hindari menggunakan kemeja atau denim karena keringat tidak akan terserap sempurna dan susah kering saat lembap.

3. Lakukan pemanasan

Jika Anda merasa minder saat pertama kali mengunjungi gym, naluri awal Anda mungkin adalah langsung menggunakan treadmill atau alat angkat beban dhanya untuk membuktikan kemampuan diri.

Namun, ini adalah kesalahan besar. Salah satu bagian terpenting dari latihan yang baik adalah pemanasan yang benar.

Pemanasan sangat penting karena mempersiapkan tubuh Anda untuk menghadapi tuntutan olahraga, mengendurkan otot, dan mengurangi resiko cedera.

Pemanasan juga mencegah otot menegang selama berolahraga dan meminimalkan kemungkinan penumpukan asam laktat, yang dapat menyebabkan kram. (RAGIL/Kompas)

 

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...