DPRD Riau Dapil Pekanbaru Kritik Keras Pemko Soal Banjir: Nampak Sungai Tak Diurus

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU – Anggota DPRD Riau dapil Pekanbaru, Parisman Ihwan mengatakan pemko selama ini tak pernah mengurus sungai-sungai yang ada di Pekanbaru.

Menurut Parisman, salah satu penyebab banjir di Pekanbaru adalah anak-anak sungai yang mengalami pendangkalan dan pembangunan di pinggiran sungai yang tak terkendali. Namun, kata dia, Pemko Pekanbaru tak menaruh perhatian pada hal tersebut.

“Memang sudah luar biasa sekali, nampak selama ini sungai-sungai di Pekanbaru tak diurus. Baik pendangkalan sungainya, baik perizinan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS),” kata Parisman.

Loading...

Menurut Parisman, selain pendangkalan, daerah serapan air di juga hilang akibat bangunan. Padahal, ada aturan yang mengatur bahwa di pinggiran sungai tidak boleh ada pembangunan.

 

“Banyak bangunan berdiri di pinggiran sungai. Padahal ada regulasi, beberapa meter dari pinggir sungai itu tidak boleh ada bangunan,” kata dia.

Parisman juga menilai langkah nyata Pemko Pekanbaru menanggulangi banjir juga tak dirasakan. Dia mengatakan usaha pemko jangan sebatas simbolis.

“Pemko harus langsung action, jangan simbolik saja. Minimal pemko mengirimkan alat beratnya. Kalau tidak bisa menghilangkan banjir, minimal mengurangi banjir,” pungkasnya. (betuahpos)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...