Ini Langkah di Riau Untuk Tekan Biaya Listrik Perkantoran dan Sekolah

Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Provinsi Riau Indra Agus Lukman (Melba/Bertuahpos)

REDAKSIRIAU.CO.ID, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau memanfaatkan bantuan rooftop panel surya untuk menekan biaya listrik perkantoran dan sekolah. Tahun ini sudah ada 12 perkantoran dan sekolah yang masuk dalam daftar pemanfaatan rooftop.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau Indra Agus Lukman mengatakan, pemanfaatan rooftop panel surya diyakini akan mampu mengurangi beban biaya listrik, terutama untuk perkantoran pemerintah dan sekolah.

“Bantuan ini dari APBN. Tahun lalu (2020) kami dapat 10 perkantoran dan sekolah. Tahun ini sudah diajukan untuk 12 kantor dan sekolah lagi,” katanya, Minggu, 17 Januari 2021.

Loading...

Dia menambahkan, rooftop pada prinsipnya sama dengan panel surya, hanya saja tidak dilengkapi dengan baterai untuk penyimpan daya. Artinya, energi listrik tetap bisa diproduksi oleh panel surya sepanjang ada cayaha matahari yang memungkinkan.

“Koneksinya juga langusung ke PLN. Ini akan membantu mengurangi biaya pemakaian listrik,” kata Indra.

Tahun lalu, pemerintah pusat lewat Kementerian ESDM juga telah memberikan Rooftop kepada Riau sebanyak 10 unit. Rooftop tersebut merupakan hadiah yang diberikan oleh pusat lantaran Dinas ESDM Riau berhasil meraih juara I pada ajang Penghargaan Subroto tahun 2019 dalam efisiensi energi nasional kategori penghematan energi di instansi pemerintah daerah.

“Yang untuk pemasangan Rooftop tahun lalu di antaranya kita pasang di SMA 8, SMA 1, RSUD, Perpustakaan dan di sejumlah kantor OPD di lingkungan Pemprov Riau,” terangnya.

 

bertuahpos.com

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...