Tanda-tanda Penderita Kanker Semakin Dekat dengan Waktu Kematiannya

REDAKSIRIAU.CO.ID Kanker salah satu penyakit ganas yang mengancam nyawa penderitanya jika terlambat ditangani maupun terjadi kesalahan saat pengobatan.

Ada pula penderita kanker yang meninggal dunia tak lama setelah dinyatakan kondisinya membaik. Salah satu contohnya seperti yang dialami oleh mendiang Ani Yudhoyono.

 

Loading...

Kondisi seperti itu pasti sangat mengejutkan bagi keluarga yang ditinggalkan. Karena pasien dianggap tidak menunjukkan tanda-tanda sekarat atau menjelang kematian.

Melansir dari crossroadshospice.com, sebenarnya ada tanda-tanda khusus jika penderita kanker sedang sekarat atau menjelang kematiannya.

 

Tetapi, tanda-tanda ini tidak pasti dialami oleh semua penderita kanker. Berikut ini gejala dan tahapan kematian pasien kanker.

Enam orang sedang menggotong peti mati berisi jenazah. [shutterstock]

Enam orang sedang menggotong peti mati berisi jenazah. [shutterstock]

Selama minggu terakhir sebelum kematian:

1. Penderita kehilangan ketertarikan pada banyak hal dan kesulitan berkonsentrasi.

Penderita yang biasanya sangat ekspresif, senang berbicara atau melakukan kegiatan yang menyenangkan. Pada suatu ketika tidak ingin melakukan itu semua bisa menjadi ciri tahapan kematiannya di minggu terakhir kehidupan.

2. Kelelahan, lemah dan ingin tidur

Pada minggu terakhir kehidupan, biasanya penderita akan merasa lebih lemah dan mudah kelelahan. Lalu mereka mungkin akan lebih sering tertidur daripada berkegiatan ringan.

3. Kehilangan napsu makan

Mereka di minggu terakhir kehidupannya mungkin akan sangat kehilangan napsu makannya. Bahkan mengalami kesulitan untuk makan dan minum.

Ilustrasi kematian (Shutterstock).

Ilustrasi kematian (Shutterstock).

Selama hari terakhir sebelum kematian:

1. Kulit berubah warna

Pada hari terakhir jelang kematian, biasanya tubuh penderita akan terasa dingin dan kulitnya berubah warna lebih pucat.

2. Suara dari tenggorokan

Jika anda pernah menemani orang di detik-detik sebelum meninggal, biasanya orang tersebut akan mengeluarkan suara aneh dari tenggorokan dan pernapasannya.

3. Inkontinensia

Penderita juga akan kesulitan mengontrol kandung kemih dan usus di hari terakhir jelang kematian. Kondisi ini artinya kematian sudah sangat dekat.

4. Kebingungan

Di hari terakhir jelang kematian, penderita juga mungkin akan terlihat kebingungan dan suka mengigau. Termasuk kebingungan mengenali orang-orang terdekatnya semasa hidup.

5. Gelisah

Sebelum meninggal dunia, pasien kanker biasanya lebih sering gelisah. Tetapi, kegelisahan ini bukan karena mereka merasakan kesakitan.

Melainkan mereka sulit untuk berbicara, merasa tidak nyaman atau mungkin tidak bisa tenang seperti hari sebelumnya.

Apabila orang terdekat anda yang menderita kanker menunjukkan tanda-tanda ini berkonsultasilah kepada profesional.

Selain itu, anda lebih baik selalu menemani pasien di detik-detik terakhir kehidupannya.

 

 

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...