Sekdaprov Riau Ungkap Kebiasaan Buruk OPD

REDAKSIRIAU.CO.ID Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengaku risih dengan kebiasaan banyak OPD di lingkungan Pemprov Riau yang selalu bekerja tidak becus. Akibatnya menyulitkan pimpinan dalam merealisasikan program pemerintah. 

"Inikan sebenarnya masalah lama dan sudah menjadi kebiasaan. Kalau kita bicara pekerjaan artinya kita bicara tanggung jawab. Jadi tolonglah dibuang kebiasaan-kebiasaan kinerja buruk itu," ujarnya. 

Diantara masalah yang menjadi perhatian, kata dia, yakni soal laporan pertanggungjawaban dalam pelaksanaan anggaran dan program pemerintah. Selama ini pola pikir OPD lebih kepada bagaimana tanggung jawab belanja anggaran bisa menjadi baik, sementara tanggung jawab laporan terhadap kegiatan itu malah diabaikan. 

Loading...

Padahal, tolak ukurnya ada di laporan kinerja. Jika hasilnya baik maka kinerja OPD itu dianggap baik. Sementara itu, terhadap masalah ini kemudian ada muncul semacam beban ketidakmampuan atas pertanggungjawaban kinerja. Dampaknya program malah tidak terealisasi sama sekali. 

"Ini yang mungkin belum melekat dalam benak setiap penyelenggara negara. Ada proses evaluasi pemeriksaan, laporan LPJ, kinerja, penilaian, semuanya itu dibuktiknan dengan data capaian. Mungkin tak sampai kesitu pikirannya. Masih banyak yang harus dikerjakan," sambungnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...