Studi Komparatif Manajemen Pengelolaan Perpustakaan

Komisi IV DPRD Inhil Kunker Perpusnas

REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Jumat (16/06/2017) yang berkantor di daerah Salemba, Jakarta.

Kunjungan itu dipimpin oleh Ketua Komisi Sumardi, Wakil Ketua Komisi Andi Rusli, Sekretaris Komisi Herwanissitas, para anggota Komisi dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DaerahKkabupaten Inhil, Hafitsah.

Loading...

Kedatangan para wakil rakyat dari Negeri Seribu Parit itu langsung disambut oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Muh Syarif Bando.

Perpusnas adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan.

Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil, Herwanissitas mengungkapkan, kujungan tersebut dalam rangka studi komperatif bagaimana manajemen pegelolaan perpustakaan sesuai dengan standar, termasuk fasilitas dan ketersediaan buku.

Dikatakan Sitas, sapaan akrabnya, saat ini kondisi perpustakaan di kabupaten Inhil masih sangat meprihatinkan.

“Unit Layanan Perpustakaan yang ada di Kecamatan-kecamatan masih sangat minim fasilitas, itu menjadi salah satu perhatian serius kita,” ujar Sitas.

Selain manajemen dan fasilitas, ditambahkan Sitas, di era teknologi digital saat ini perpustakaan yang ada di Kabupaten Inhil secara bertahap juga harus bertransformasi sesuai dengan perkembangan zaman.

“Sekarang trendnya online, semua urusan dan kebutuhan orang by online, jadi perpustakaan kita juga harus bisa diakses secara online dalam bentuk e-book, inilah salah satu tujuan kedatangan kita ke Perpusnas ini,” kata Sitas. (ADV)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...