DPC PKB Inhil Gelar Musabaqoh Kitab Kuning Tingkat Kabupaten

REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, menggelar musabaqah kitab kuning (kitab gundul) tingkat kabupaten di Pondok Pesantren, Al- Baqiyatussaadiyyah Kecamatan Tembilahan Hulu, Kamis (4/5/2017).

Ketua DKC Gardabangsa Kabupaten Indragiri Hilir Ardiansyah Melalui Taufikul Ulum mengatakan bertujuan untuk mengembangkan kekayaan keilmuan pesantren sekaligus melestarikan nilai-nilai di dalamnya.

Loading...

"Tujuan diadakannya Musabaqoh Kitab Kuning(MKK) ini adalah untuk melestarikan tradisi intelektual pesantren, mengembangkan khazanah pengetahuan pesantren, memotivasi para santri untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning dan melakukan syi’ar kepada publik akan pentingnya khazanah pengetahuan pesantren sebagai salah satu solusi untuk membangun bangsa dan menjawab problem-problem kemasyarakatan,” ujarnya.

Menurut Taufik, kegiatan tersebut sekaligus memberikan penghargaan terhadap khazanah dan eksistensi pesantren di Indragiri Hilir, karena pondok pesantren telah memberikan konstribusi penting terhadap perjalanan bangsa Indonesia sejak sebelum kemerdekaan hingga saat ini.

Dia menjelaskan para santri dan kiai di pesantren-pesantren di wilayah ini telah berkontribusi besar dalam pembangunan moral anak muda.

"Ulama dan pesantren menjadi benteng dari penyebaran paham keagamaan yang eksklusif dan ekstrem," katanya.

Ketua DKW Garda Bangsa Provinsi Riau, Raja Reza Fahlevi dalam mengatakan pelaksanaan Musabaqoh Kitab Kuning di Kabupaten Indragiri Hilir ini sangat ramai dan diminati Santri Ahlusunah Waljamaah, menurutnya kegiatan tersebut sangat perlu digaungkanlagi untuk menangkal paham paham baru yang mengancam Keutuhan NKRI.

"Program Gardabangsa ini sejalan apa yang menjadi program Bupati Indragiri hilir, kalau program bupati magrib mengaji untuk di Garda Bangsa juga ada program Mari mengaji, Kami sebagai DKW garda bangsa provinsi, Akan terus memotivasi Seluruh Dkc agar aktif, Kreatif dan inovatif Untuk menangkal paham-paham radikal yang mengancap keutuhan NKRI,” ujarnya.

Sementara Itu Ketua DPC PKB Kabupaten Indragiri Hilir Sekaligus Ketua Dprd Kabupaten Indragiri Hilir H Dani M Nursalam,S.pi, Msi, mengapresiasi atas terlaksanakanya dengan meriah kegiatan Musabaqoh Kitab Kuning yang ditaja oleh DKC Garda Bangsa Kabupaten Indragiri Hilir.

"Alhamdullah kita perlu bersyukur, Musabaqoh Kitab Kuning ini bisa ramai diminati oleh Santri, sekitar, 24 Santri yang sudah diseleksi oleh Pondok Pesantren dan mengikuti Musabaqoh kitab Kuning yang di taja Garda Bangsa ini, harapan saya Kepada Dkc Garda Bangsa kabupaten Indragiri Hilir untuk bisa terus menigkatkan kegiatan-kegiatanya Untuk terus menjaga dan melestarikan Budaya ASWAJA, dan Kepada santri-santri saya harapkan Bisa bersungguh-Sungguh dalam mengikuti kegiatan Musabaqoh Kitab Kuning ini, karna akan banyak hadiah yang diberikan oleh DKC garda bangsa, serta nantinya akan dipertandingkan di tingkat provinsi dan nasional," terangnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...