Tampung Cabai Dari Dumai, Harga Cabai Merah Turun

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Harga cabai merah di Pekanbaru terpantau mengalami penurunan harga sejak sepekan lalu. Harga cabai merah di Pasar Kodim Pekanbaru saat ini Rp 48 ribu per kilogramnya, dari sebelumnya harga cabai ini sempat bertahan lama diharga Rp 60 ribu per kilogramnya.

"Masuknya cabai lokal dari Dumai. Harganya lebih murah. Kualitas juga lebih bagus dari cabai Jawa," kata Riko selaku pedagang cabai di pasar tersebut kepada bertuahpos.com, Senin (19/12/2016).

Loading...

Dia mengatakan untuk sementara ini harga cabai dari bukit masih diharga Rp 50 ribu per kilogramnya. Harga ini kata dia, masih tergolong tinggi. Sementara untuk cabai merah asal Jawa bertahan pada kisaran harga Rp 42 sampai Rp 44 ribu per kilogramnya.

" Penyebab cabai turun karena cabai lokal sudah keluar dan disebarkan di pasar. Kalau cabai lokal tidak keluar sudah pasti harga cabai tetap mahal," sambungnya.

Saat ini para pedagang dipasar itu memastikan ketersediaan stok untuk cabai masih banyak dan cukup sampai akhir tahun. Namun demikian dia memperkirakan, tetap akan ada lonjakan harga cabai pada saat momentum menyambut tahun baru 2017 nanti. Namun kenaikan harga itu diperkirakan tidak terlalu signifikan.

"Paling kisaran lonjakannya 15 sampai 20 persen saja. Dan hal seperti ini terjadi hampir setiap tahun. Sudah tradisi lama dikalangan pedagang," sambungnya.

Sementara itu untuk harga cabai hijau dipasaran bertahan normal diharga Rp30 ribu per kilogramnya. Bawang merah turun, menjadi Rp20 ribu dari Rp30 ribu per kilogramnya, terjadi sejak seminggu ini.

Demikian juga dengan bawang putih. Saat ini masih tergolong mahal diharga Rp32 sampai Rp35 ribu per kilogramnya. Sementara harga normalnya Rp20 ribu per kilogramnya.

Sedangkan untuk tomat turun menjadi Rp 8 ribu, dari Rp 10ribu per kilogramnya. Dan kentang masih normal diharga Rp10 ribu per kilogramnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...