Aparat Malaysia Tewaskan Komandan Abu Sayyaf

REDAKSIRIAU.CO, MANILA - Seorang komadan Abu Sayyaf bernama Abraham Hamid dilaporkan berhasil ditembak mati oleh otoritas keamanan Malaysia. Hamid tewas dalam baku tembak yang terjadi antara otoritas keamanan Malaysia dengan militan Abu Sayyaf di perairan Sabah.

Kematian Hamid tersebut dibenarkan oleh juru bicara militer Filipina, Mayor Filemon Tan. Dia menyatakan, Hamid adalah salah satu tokoh kunci Abu Sayyaf, dan kematian Hamid adalah pukulan keras bagi kelompok yang beroperasi di selatan Filipina itu.

Loading...

"Kematian Hamid adalah pukulan besar bagi Abu Sayyaf. Sebab, dengan tewasnya salah satu bandit terkenal, akan menurunkan kemampuan mereka untuk memantau dan melakukan penculikan di masa depan," kata Tan.

"Hamid juga merupakan salah satu otak dari penculikan empat awak Indonesia pada bulan April lalu," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Jazeera pada Minggu (11/12).

Selain Hamid, terdapat dua anggota Abu Sayyaf lainnya yang turut tewas dalam baku tembak tersebut. Perairan Sabah merupakan wilayah operasi baru Abu Sayyaf, setelah Laut Sulu mendapat pengawasan yang sangat ketat karena adanya patroli tiga negar, yakni Filipina, Malaysia dan Indonesia.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...