Minyak Kedelai Beri Andil Terhadap Kenaikan TBS di Riau Pekan Ini

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Harga Crude Plam Oil(CPO), pada pekan ini memberi pengaruh besar terhadap kenaikan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Riau.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Ferry HC menjelaskan, harga CPO di bursa komoditas Indonesia dan Malaysia terpantau naik. Kenaikan harga CPO mengikuti kenaikan minyak kedelai sebagai rivalnya.

Loading...

"Kedelai berjangka di bursa Chicago diperdagangkan naik. Perdagangan minyak kedelai pada The Chicago Board Of Trade terpantau naik 3,51 persen menjadi USD 37,67 per bushel sepanjang pekan ini," katanya, Selasa (06/12/2016).

Dia menambahkan kondisi serupa juga terjadi pada perdagangan palm oil untuk kontrak Mei 2017 di Dalian Commodity Exchange naik 1,26 persen.

Baca: Tembus Rp 2 ribu lebih, Harga TBS Sawit Riau Naik Lagi

Pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya berpotensi meningkat dengan potensi penguatan harga kedelai di Chicago Board Of Trade dan Dalian Commodity Exchange.

Karena berhasil mendongkrak harga CPO, maka harga TBS sawit juga kena imbasnya. TBS sawit Provinsi Riau pekan ini kembali terpantau mengalami kenaikan harga, sebesar Rp50.84.

Kenaikan harga TBS pekan ini kembali menambah daftar kenaikan harga TBS salam kurun waktu sebulan terakhir. Untuk TBS umur 3 tahun saat ini masih pada kisaran harga Rp1.527,08. Sedangkan untuk tandan buah segar umur 10 sampai 20 tahun, berada pada kisaran harga Rp2 ribu lebih.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...