BUMD Riau Garap Pangan, Ini Kata Biro Ekonomi Setdaprov Riau

REDAKSIRIAU.CO, PEKANBARU - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) didorong bisa menggarap bisnis soal suplai bahan pangan untuk kebutuhan daerah. Keterlibatan BUMD dalam masalah ini dianggap perlu agar inflasi di Riau bisa terkendali. 

Dorongan ini diberikan oleh Direktur Singkronisasi Urusan Pemerintah Daerah III, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Eduard Sigalingging. Menurutnya, dorongan keterlibatan BUMD untuk membantu atasi masalah pangan merupakan solusi penting yang perlu diperhatikan oleh Pemprov Riau. 

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Riau Darusman mengatakan, usulan itu merupakan solusi baik sebagai langkah atasi masalah ketersediaan pangan di Riau. Namun ini butuh pembahasan teknis lebih jauh dan melibatkan semua stakeholder soal regulasinya. 

"Kami masih akan membawa usulan solusi itu untuk didudukkan bagaimana supaya ini terwujud tapi tetap bisa ditangani. Dengan tata lain hadirnya BUMD yang mengurus soal pangan betul-betul memberikan solusi bukan malah menimbulkan masalah baru," katanya kepada bertuahpos.com, Rabu (13/9/2017). 

Untuk menghadiri BUMD pangan di Riau memang butuh kajian panjang sebab selain masalah teknis, pihaknya juga tidak ingin ada kesan memonopoli perdagangan terhadap komoditi tertentu. Pada prinsipnya, semua pihak pasti ingin ada berbaikan. Namun di sisi lain menyelesaikan persoalan ini tidak instan. 

"Langkah riil menurut saya bagaiamana semua pihak terlibat dalam menyadarkan masyarakat terhadap pola konsumtif yang tidak tinggi. Kalau ini jalan saya rasa masalah pengendalian inflasi lebih mudah untuk dilakukan. Barulah tahapan selanjutnya memikirkan solusi lain," sambungnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...