Dinkes Inhil Jelaskan Pentingnya Pedoman Gizi Seimbang

Ilustrasi/Ist
REDAKSIRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Pentingnya menjaga kesehatan tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan kebersihan lingkungan dan rajin berolahraga saja, akan tetapi juga harus dilengkapi dengan asupan gizi yang cukup pula. Oleh karenanya kelengkapan jenis bahan makanan yang mengandung karbohidrat, protein nabati serta sayur-sayuran dan buah-buahan yang menjadi sumber vitamin dan mineral harus dikonsumsi dengan seimbang.

"Kebutuhan gizi bagi tubuh sangatlah penting, terlebih lagi jika banyak beraktivitas, jadi harus diimbangi juga dengan asupan gizi agar tubuh tidak mudah sakit," sebut Siti Munziarni Kasi Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau.

Loading...

Pedoman gizi seimbang ini juga disebutkan pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 41 tahun 2014, yaitu mengatur mengenai susunan pangan sehari-hari, harus merupakan kelengkapan jenis bahan makanan sumber karbohidrat, protein nabati, protein hewani, sayur-sayuran dan buah-buahan yang menjadi sumber vitamin dan mineral.

"Selain itu, susu juga sebagai bagian dari pangan hewani berupa minuman dianjurkan terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak setelah usia satu tahun. Konsumsi susu bagi anak usia sekolah juga membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan," jelasnya.

Pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan asupan gizi yang cukup akan menurunkan kemungkinan mengalami gejala-gejala atau jenis penyakit yang menyerang tubuh manusia. (Adv)

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...