Asita Riau Setuju Perkarakan Maskapai Jika Persaingan Tidak Sehat

REDAKSIRIAU.CO,PEKANBARU- Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) bakal menempuh jalur hukum seandainya maskapai dan travel online bersaing tidak sehat. Dimana maskapai cenderung menjual harga tiket lebih murah ke situs tiket dan hotel ketimbang agent travel biasa.

Hal tersebut dikatakan Ketua ASITA Riau, Dede Firmansyah kepada kru bertuahpos.com. “Kita yang di daerah juga sepakat dengan menjadi inti kesepakatan dari pertemuan Ketua Umum DPD ASITA dengan KPPU,” sebutnya.

Dalam kesepakatan tersebut disampaikan jika situs travel jual murah tiket dan ada bukti maka akan tempuh jalur hukum. “Kalau airlines yang kasih murah maka airlinesnya yang kita perkarakan,” sebutnya, Rabu (09/11/2016).

Loading...

Hal tersebut sesuai dengan amanat undang-undang. Mewujudkan bersama penegakan UU Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan tidak sehat.

Apalagi sebelumnya Citilink dikeluhkan tentang perbedaan harga Agen dengan website maskapai selisihnya sangat jauh dengan yang dijual ke Travel Agent. "Itu tidak fair. Perlu digarisbawahi posisi agen dan maskapai itu mitra bukan bawahan," sebut Dede.

Dirinya berharap maskapai tidak memperlakukan berbeda antara travel agent dengan pihak situs online jual beli tiket. "Kita jelas sangat dirugikan disini. Secara agent merupakan suatu perusahaan. Kita meminta agar fair," sebut Ketua Asita Riau Dede.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...