JR Saragih Ajak Pemuda Simalungun Tunjukkan Jati Diri

REDAKSIRIAU.CO, SIMALUNGUN - Bupati Simalungun JR Saragih mengajak para pemuda untuk menunjukkan jati dirinya. Hal itu disampaikannya pada rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda bertema 'Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Lakukan Karyamu, Kobarkan Semangatmu, Raih Prestasimu' di Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, Kamis (27/10/2016).

Loading...

Di hadapan para pemuda dan pemudi Kecamatan Bandar Masilam, JR Saragih mengatakan, seorang pemuda harus berani membela negara dan bertanggung jawab, bukan menjadi pemuda yang lemah dan mudah terprovokasi.

"Jati diri dalam membangun cita-cita harus ditanamkan sejak dini. Jangan menjadi pemuda yang lemah dan mudah terprovokasi," kata Bupati Simalungun.

Peringatan Sumpah Pemuda kali ini dianggap cukup spesial. Sebab, JR Saragih rela menempuh perjalanan hingga tiga jam lebih dari kantornya demi memberikan semangat dan motivasi dalam membangun generasi muda yang berkualitas di Kecamatan Bandar Masilam. Biasanya, peringatan digelar di ibu kota kabupaten.

JR Saragih menambahkan, perkembangan zaman yang terjadi hingga saat ini mampu mengikis jati diri para pemuda. Karena itu, pemuda jangan sampai salah dalam pergaulan. Jika salah bergaul bisa saja terjerat dalam lingkaran narkoba yang merusak generasi bangsa. Karena itu, JR Saragih juga berpesan kepada seluruh orangtua agar jangan sampai putus memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Selain memperingati Hari Sumpah Pemuda, JR Saragih sengaja memenuhi undangan Camat Bandar Masilam M Rasyid Sinaga sekaligus untuk mengetahui lebih dekat proses pelayanan pembuatan E-KTP dan pelayanan kesehatan di puskesmas daerah setempat.

M Rasyid Sinaga dalam kesempatan tersebut mengatakan, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, di wilayahnya sedang dilaksanakan program pembuatan E-KTP dan pengobatan massal secara gratis. Dia menjelaskan, sembari menunggu blangko E-KTP, pihaknya melakukan proses pendataan dan pencatatan data para warga yang mendaftar.

Di hadapan Camat Bandar Masilam dan warga, Bupati Simalungun JR Saragih menginformasikan kebenaran mengenai belum tersedianya blangko E-KTP yang baru di daerahnya. Untuk itu, JR Saragih memohon kepada Camat Bandar Masilam untuk menyosialisasikan hal tersebut agar tidak terjadi salah paham.

"Perlu diketahui oleh Pak Camat dan warga lainnya, memang saat ini ketersediaan blangko E-KTP di Kabupaten Simalungun sedang habis. Ini pun terjadi di beberapa kabupaten lain di Indonesia, seperti di Sumatera Utara dan pemerintah pusat. Blangko E-KTP diperkirakan akan kembali tersedia pada bulan Desember mendatang," ujar JR Saragih.

Meski demikian, JR Saragih berpesan kepada perangkat kerja yang ada di desa dan kecamatan untuk terus bekerja dan melayani masyarakat dalam proses pembuatan catatan sipil dan kesehatan, serta melarang keras praktik pungli di daerahnya.

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...