Tiga Kegiatan Fisik Ratusan Juta di Desa Sukamaju Bantan Diduga Fiktif

REDAKSIRIAU.CO, BENGKALIS, - Diduga, 3 pekerjaan kegiatan (Inbup) di Desa Suka Maju kecamatan Bantan fiktif. Pekerjaan dari anggaran dana desa tersebut diantarannya pembuatan Jalan timbunan Base B dengan Volume 800X3X10 CM sebesar Rp161 juta, dengan lokasi Jalan Batu Ampar Sungai Raya/Sukamaju.

Loading...

Selain itu, juga ada pembuatan Jalan Timbunan Base B dengan Volume 745X3,5X10 CM sebesar Rp 172 juta dengan lokasi di Jalan Bunga Raya Desa Suka Maju. Diduga pekerjaan tersebut terlantar alias tidak dikerjaan. Dari informasi yang didapat RiauGreen.Com, pekerjaan tersebut sudah dibayar lunas.

Disamping itu, juga ada pembuatan jalan Base di Jalan Api-Api penghubung Sungai Terap, sumber dana dari Provinsi sebesar Rp100 Juta yang juga sudah lunas dibayar, untuk riil dilapangan jalan tersebut sedikitpun tidak dikerjakan.

Sementara itu, menurut keterangan tokoh masyarakat desa Suka Maju kecamatan Bantan yang enggan disebutkan namanya menerangkan bahwa sebanyak 3 pekerjaan kegiatan Inbup di desa Suka Maju diduga Fiktip.

"Contohnya pekerjaan dijalan Batu Ampar terbengkalai yang tidak disiapkan oleh pelaksana. Badan jalan timbunan base bertakung air karena menggunakan alas Plastik Beton. Untuk pekerjaan di jalan Bunga Raya juga terlantar tidak dikerjakan, tetapi biaya sudah dibayarkan,"ujar salah seorang tokoh masyarakat desa Sukamaju, Minggu (16/10/16).

Untuk pembuatan dijalan Api-Api penghubung Sungai Terap Silva Tahun 2015 sebesar Rp 100 Juta, dari dana Provinsi ini diduga tumpang Tindih ke Program lain,"Jadi Masyarakat lingkungan di Jalan Api-Api menuntut pelaksanaanya yang sudah sekian lama tidak dikerjakan, padahal kemaren, camat Bantan sudah memberikan tempo waktu sampai tanggal 11 Oktober 2016, namun sampai hari ini juga tidak ada realisasinya,"ujarnya.

Terpisah, Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) desa Suka Maju, Surahman saat dihubungi Minggu (16/10/16) sempat gugup menjawab pertanyaan Wartawan, terkait pekerjaan kegiatan (Inbup) desa Suka Maju kecamatan Bantan Tahun 2015.

"Kalau pekerjaan batu ampar awalnya 550 meter, namun dirubah menjadi 800 meter. Memang pekerjaan baru di kerjakan 400 meter, rencana tahun ini akan kita selesaikan. Kemarin itu ada kendalanya, orangtua kawan kita meninggal, makanya pekerjaan tak bisa laksanakan,"kilahnya.

Selain itu, Surahman (TPK) juga sempat bungkam ketika dikonfirmasi terkait 2 kegiatan fisik yang sama sekali belum dikerjakan.

"Kalau Jalan Bunga Raya dan Api-api dalam tahapan bang, tahapan, rencana, insyaAllah akan kita kerjakan,"jawabnya kembali berkilah.

Disisi lain, Penjabat Kades Suka Maju M. Yusuf ketika ingin dikonfirmasi melalui 0852 9333XXXX milik selulernya enggan menjawab. Begitu juga saat di SMS juga tidak dibalasnya. (rgc/int).

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...