Jelang Dua Tahun Kepemimpinan Jokowi-JK, Ketua DPD Ingin Sektor Pertanian dan Keuangan Lebih Digenjo

REDAKSIRIAU.CO, JAKARTA, Ketua DPD RI Mohammad Saleh menyoroti kinerja pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla yang akan genap dua tahun pada 20 Oktober 2016 mendatang.

  

Menurutnya, secara umum kebijakan-kebijakan pemerintah sudah baik. Jika ada perlambatan, hal tersebut merupakan dampak ekonomi dunia.

  

Meski begitu, ia menginginkan agar khususnya sektor pertanian dan keuangan ke depannya lebih digenjot. "Pertanian, karena kita mau soal ketahanan pangan. Kemudian industri keuangan," ujar Saleh di Kompleks Parlemen, Kamis (13/10/2016).

  

Salah satu yang disorotinya adalah bagaimana agar ke depan petani bisa memiliki akses ke lembaga perbankan. "Makanya kenapa pemerintah keluarkan KUR dengan bunga rendah. Kemudian ada asuransi kredit Indonesia untuk petani dan menjamin UMKM," kata senator asal Bengkulu itu.

  

Selain itu, potensi negara lainnya yang menurut Saleh perlu diperhatikan adalah sawit dan karet.

  

Jika potensi jeduanya dimanfaatkan dengan baik, ekonomi Indonesia akan menguat. "Di daerah kan sangat tergantung pada komoditi. Hampir semua Sumatra, Kalimantan kan sawit semua. Sekarang yang menjerit petani karet. Harganya jauh di bawah 1 dollar per kilogram. Kalau 1 dollar per kilogram, mantap itu," tutup dia.

  

Ikuti Terus Redaksiriau.co Di Media Sosial

Tulis Komentar


Loading...